SOLOPOS.COM - Ilustrasi liburan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam terdapat doa yang dibaca saat berpergian, baik dalam rangka pekerjaan, mudik, maupun liburan akhir tahun bersama keluarga.

Seperti diketahui, akhir tahun menjadi momen yang pas untuk liburan bersama keluarga. Apalagi hal ini bertepatan dengan liburan sekolah sehingga bisa mengajak buah hati tercinta untuk berpergian melepas penat kegiatan sehari-hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nah, agar selamat sampai tujuan, sebagai umat muslim dianjurkan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT saat liburan bersama keluarga.

Permohonan tersebut bisa dilafalkan dalam bentuk doa berpergian untuk liburan bersama keluarga saat akhir tahun, sebagaimana dikutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama, NU online.

Baca Juga: Serangkaian Doa agar Gampang Melahirkan dalam Islam

Berikut ini serangkaian doa berpergian untuk liburan bersama keluarga.

Doa Berpergian untuk Liburan

  1. Doa Keluar dan Masuk Rumah

Doa Keluar Rumah

Bismillaaahi tawakkaltu ‘alallaahi wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adhiim.

Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.

Baca Juga: Doa Supaya Bisa Membayar Utang dengan Cara Tak Terduga Menurut Islam

Doa Masuk Rumah

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal.

  1. Doa Naik Kendaraan

Alhamdulillaahilladzii/subh?nalladzii sakhkhara lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuuna.

Artinya: Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Untuk berpergian saat liburan, umat muslim dianjurkan juga membaca doa berikut.

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.

Artinya: Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Baca Juga: Hukum Tidak Sanggup Membayar Utang dalam Ajaran Islam

  1. Doa saat dalam Perjalanan (Surat Al-Ikhlas)

Qul huwallaahu ahad. Allaahus shamad. Lam yalid, wa lam yuulad. Wa lam yakullahuu kufuwan ahad. 

Artinya: Katakanlah, ‘Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.

  1. Doa Tiba di Tujuan

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.  

Artinya: Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Jika Tak Hafal Doa Qunut untuk Salat Subuh, Bacaan Ini Bisa Jadi Penggantinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya