SOLOPOS.COM - ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat doa dan amalan menempati rumah baru menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin beserta artinya.

Sebagai umat muslim, sudah seharunya bersyukur karena bisa menempati rumah baru karena itu adalah nikmat Allah yang patut disyukuri.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Baca Juga: Kenapa Sragen Dijuluki Bumi Sukowati, Ada yang Tahu?

Agar rumah atau tempat yang baru dihuni mendapatkan keberkahanserta aman dari gangguan, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa.

Lalu, apa doa dan amalan yang dibaca saat menempati rumah baru?

Baca Juga:  Dipelihara Konglomerat Sukoharjo, Berapa Harga Harimau Benggala?

Berikut ini doa dan amalan selengkapnya, lengkap dengan latin beserta artinya, yang Solopos.com kutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU).

Doa dan Amalan Menempati Rumah Baru

1. Membaca Surat Al-Fatihah sebanyak tiga kali.
2. Membaca Surat Al-Mu’minun ayat 28-29.
3. Membaca doa di bawah ini sebanyak tiga kali.

Allaahumma yaa man falaqal bahra li Muusaa bin ‘Imraan, wa najjaa Yuunusa min bathnil huut, wa sayyaral fulka li man syaa’a, antal ‘aalimu bi ‘adadi qathril bihaari, wa dzarraatir rimal. Yaa Khaaliqa ashnaafi ‘ajaa’ibil makhluuqaat. As’alukal kifaayah, yaa kaafiiya man istakfaah, yaa Mujiiba man da‘aah, yaa muqiila man rajaah. Antal kaafi, laa kaafiya illa anta. Ikfinii syarra ma akhaafu wa ahdzar. Wamla’ manzilii haadzaa khairan wa barakah. Washalli ‘ala nabiyyika wa rasuulika sayyidina Muhammadin wa aalihi wa shahbih wa sallim.

Baca Juga: Misteri 3 Makam Kembar di Pertigaan Jalan Solo: Mau Dipindah, Tapi…

Artinya, “Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin ‘Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang kukhawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya.”

Baca Juga: Ada Desakan Bubar, Begini Sejarah dan Awal Mula MUI Berdiri

Doa dan amalan menempati rumah baru di atas dibaca setiap pagi dan sore selama tiga hari berturut-turut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya