SOLOPOS.COM - ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat doa akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022 yang bisa dipanjatkan umat muslim sesuai ajaran Islam.

Seperti diketahui, beberapa hari lagi masyarakat akan menyambut pergantian tahun dari 2021 ke 2022.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Disebut di Serial Layangan Putus, Ini Keindahan Cappadocia

Sebagai umat muslim, dalam pergantian tahun itu bisa berdoa kepada Allah SWT agar selalu diberkahi oleh-Nya.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebagaimana diinformasikan di situs resmi organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama, berikut ini doa akhir dan awal tahun yang bisa kamu baca dan amalkan.

Baca Juga: Profil Richard Lee, Dokter yang Ditangkap karena Kasus Akses Ilegal

Doa Akhir Tahun 2021 dan Awal Tahun 2022

Doa Akhir Tahun 2021

Doa berikut ini dianjurkan Rasullulah SAW dan dibaca sebanyak tiga kali sebelum magrib pada hari terakhir bulan Zulhijah.

Allaahumma maa‘amiltu min ‘amalin fii haadzihis sanati maa nahaitanii ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhaa ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alaa ‘uquubatii, wa da‘autanii ilat taubati min ba‘di jaraa’atii ‘alaa ma‘shiyatik. Fa innii astaghfiruka, faghfirlii wa maa ‘amiltu fîhaa mimmaa tardhaa, wa wa‘attanii ‘alaihits tsawaaba, fa’as’aluka an tataqabbala minnii wa laa taqtha‘ rajaa’ii minka ya’ kariim.

Baca Juga: Kumpulan Ide Kado Tahun Baru untuk Pacar, Biar Bikin Tambah Sayang!

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Baca Juga:  8 Destinasi Seru di Klaten: Wisata Air, Adrenalin, Sejarah, hingga Alam

Doa Awal Tahun 2022

Berikut ini doa awal tahun yang dibaca sebanyak 3 kali.

Allaahumma antal abadiyyul qadiimul awwal. Wa ‘alaa fadhlikal ‘azhiimi wa kariimi juudikal mu‘awwal. Haadzaa ‘aamun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithaani wa auliyaa’ih, wal ‘auna ‘alaa haadzihin nafsil ammaarati bis suu’I, wal isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfaa, yaa dzal jalaali wal ikraam.

Baca Juga:  Viral Surat Keterangan KTP Susi Pudjiastuti Jadi Bungkus Gorengan

Artinya: Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Dengan doa akhir dan awal tahun ini, umat muslim berharap keanugrahan dan kemurahan dari Allah SWT untuk semuanya di tahun baru ke depan.

Baca Juga: Profil Ardes Goenawan, Presenter yang Berharap Timnas Indonesia Kalah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya