SOLOPOS.COM - Ilustrasi santri belajar mengaji. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Menghafal, bagi sebagian orang merupakan hal yang sulit dan melelehkan. Tetapi, dalam Islam terdapat doa untuk mempermudah seseorang dalam mengingat.

Daya ingat seseorang berbeda, ada yang dengan mudahnya untuk menghafal, ada juga yang sulit untuk mengingat hafalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemampuan mengingat dan menghafal ini sebetulnya bisa diasah dengan beragam cara, seperti mengulang secara konsisten materi yang sedang dipelajari hingga mengonsumsi makanan yang bisa menambah daya ingat.

Ekspedisi Mudik 2024

Akan tetapi, dalam Islam terdapat sebuah doa agar memudahkan umat muslim untuk menghafal, baik itu materi pelajaran, kuliah, maupun Al-Qur’an.  Berikut ini bacaan doanya, sebagaimana dikutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama dalam situs resminya, NU online.

Baca Juga: Doa agar Mimpi Buruk Tidak Jadi Kenyataan

Fafahhamnaa Sulaimaana, wa kullan aataynaa hukman wa ‘ilman, wa sakhkharnaa ma‘a Daawuudal jibaala yusabbihna wat thayra, wa kunnaa faa‘iliin. Yaa hayyu, yaa qayyuumu, yaa rabba Muusaa wa Haaruun, wa rabba Ibraahiim, way aa rabba Muhammadin shallallaahu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘iin. Allaahummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, yaa arhamar raahimiin. 

Artinya: Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang Maha Pengasih.

Baca Juga: Hukum Merayakan Halloween dalam Islam

Amalan agar Mudah Menghafal

Selain membaca doa di atas, untuk mempermudah hafalan  juga bisa melakukan melakukan amalan dari Rasulullah di bawah ini.

  1. Lakukan salat empat rakaat.
  2. Pada rakaat pertama setelah membaca Al-Fatihah kemudian membaca Yasin.
  3. Rakaat kedua, setelah Al-Fatihah membaca surat Hamim Ad Dukhan.
  4. Rakaat ketiga, setelah Al-Fatihah membaca surat As Sajdah.
  5. Rakaat keempat, setelah Al-Fatihah membaca Surat Tabarak (Al Mulk).
  6. Seusai tahiyat akhir: Pujilah Allah (membaca hamdalah), sangjunglah Dia dengan sebaik mungkin, bacalah selawat untuk aku dan buatlah sebaik mungkin serta untuk semua para Nabi, mintakan ampun untuk semua orang mukmin lelaki maupun perempuan yang telah mendahului kamu dengan mati membawa iman, Setelah itu selesai, berdoalah sebagai berikut:Allaahummarhamnii bitarkil ma’aashii abadan maa abqaitanii, war hamnii an atakallafa maa laa ya’niinii, warzuqnii husnan nazhari fiimaa yurdhiika ‘annii. allaahumma badii’as samaawati wal ardhi dzal jalaali wal ikraam, wal ‘izzatil latii kaa turaamu. as-aluka yaa allaahu, yaa rahmaanu bi jalaalika wa nuuri wajhika an tulzima qalbii hifzha kitaabika kamaa ‘allamtanii, warzuqnii an atluwahu ‘alan nahwilladzii yurdhiika ‘annii. allaahumma badii’as samaawaati wal ardhi, dzal jalaali wal ikraam, wal ‘izzillatii laa turaam, as-aluka yaa Allaahu, yaa Rahmaanu bi jalaalika wa nuuri wajhika an tunawwira bikitaabika basharii wa an tudhliqa bihi lisaanii, wa an tufarrij bihi ‘an qalbii, wa an tasyrah bihi shadrii, wa an taghsil bihi badanii. fainnahu laa yu’iinunii ‘alal haqqi ghairuka, wa laa yu`tiihi illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa bika al ‘aliyyil ‘azhiim.

Baca Juga: Doa Bersyukur kepada Allah karena Harapan Terwujud

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya