SOLOPOS.COM - Ilustrasi belajar. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Sebelum belajar, terdapat doa dalam Islam yang bisa bikin anak cepat paham pelajaran atau ilmu yang diperoleh. Kira-kira bagaimana bunyinya?

Doa merupakan salah satu senjata ampuh bagi umat Islam ketika memohon sesuatu kepada Allah SWT.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

ahkan, doa adalah tiang agama serta cahaya langit dan Bumi. Apalagi Allah SWT suka dengan hambaNya yang berikhtiar dan berdoa kepadaNya. Hal ini menjadi poin penting yang harus ditekankan orang tua kepada anak.

“Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mukmin: 60).

Nah, sebelum belajar, ajari anak Anda untuk membaca doa agar paham pelajaran yang diperoleh. Mengutip situs resmi Nahdlatul Ulama (NU online), doa tersebut diperoleh dari kitab Majmuu’ah Maqruuaat Yaumiyyah wa Usbuu’iyyah dari KH Muhammad bin Abdullah Faqih.

Allaahummarzuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhal mursaliina wa ilhaamal malaaikatil muqarrabîn birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Artinya: Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Zat yang Maha Pengasih

Setelah membaca doa yang dilafalkan sebelum belajar, disambung dengan doa berikut ini.

Allaahumma aghninii bil ‘ilmii, wazayyinnii bil hilmi wa akrimnii bit taqwaa, wa jammilni bil ‘aafiyah, birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya: Ya Allah, limpahi aku dengan ilmu, hiasi diriku dengan kesantunan, muliakan aku dengan takwa, dan perindah diriku dengan kesehatan, sebab kasih sayang-Mu, wahai Zat yang Maha Pengasih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya