;

Diyakini Masih Ada, Bagaimana Wujud Harimau Jawa?

Diyakini masih ada dan belum punah, bagaimana sih wujud hewan harimau Jawa?
SHARE
Diyakini Masih Ada, Bagaimana Wujud Harimau Jawa?
SOLOPOS.COM - Ilustrasi harimau. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Bagaimana wujud harimau Jawa, hewan yang diyakini sebagian masyarakat masih ada dan hidup di hutan di Jawa Tengah?

Mengutip situs resmi LIPI, harimau Jawa diyakni sudah punah 1980-an.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Pada 1974, Sendensticker dan Sujono di Taman Nasional Meru Betiri (TNMB), Jawa Timur, melaporkan perkiraan keberadaan harimau Jawa yang tinggal tiga hingga empat ekor.

Kemudian pada tahun 1994, World Wildlife Fund (WWF) melakukan penelitian di tempat yang sama dengan memasang 10 kamera tersembunyi selama satu tahun dan hasilnya nihil. Sehingga pada Desember 1996, Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) memutuskan bahwa spesies ini telah punah.

Baca Juga:  Foto Profil Gibran di Instagram Bikin Kaget, Netizen: Dihack Kaesang?

Namun, seorang peneliti bernama Didik Raharyono meyakini harimau Jawa masih ada dan dijumpai di hutan angker wilayah Jawa Tengah. Pernyataan itu didasari foto wujud satwa tersebut yang didapatkan dari seorang pemburu di Jateng.

“Lokasinya ada di hutan angker. Warga mengatakan jarang masuk ke situ. Saya saja meminta orang untuk mengantarkan masuk ke lokasi ditemukannya harimau itu, tapi warga banyak yang tidak mau,” terangnya, sebagaimana telah diberitakan Solopos.com sebelumnya, pada 2020 silam.

Baca Juga: Tak Hanya Jateng, Semarang Juga Termasuk Kota Terpanas di Indonesia

Lalu, bagaimana wujud harimau Jawa yang diyakini masih ada ini?

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Rimbakita.com, secara fisik harimau Jawa mempunyai ukuran tubuh relatif kecil dibandingkan dengan harimau lain di Asia.

Namun, harimau Jawa ini berukuran lebih besar dibandingkan dengan harimau Bali dan hanya sedikit lebih kecil dengan harimau Sumatra.

Baca Juga: Heboh Kisah KKN di Rumah Kosong Klaten, Mana Lokasinya?

Harimau Jawa yang relatif kecil dibandingkan dengan harimau jenis lainnya dikarenakan perbedaan makanan yang tersedia di Pulau Jawa. Makanan harimau Jawa umumnya binatang bertanduk dan berkuku belah yang berukuran lebih kecil jika dibandingkan mangsa yang hidup di wilayah Asia lainnya.

Tubuh harimau Jawa yang diyakini masih ada ini, rata-rata berukuran 248 sentimeter atau 2,5 meter dan memiliki berat badan dari 100 kg hingga 141 kg.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Berjualan di CFD Solo?

Untuk harimau Jawa berjenis kelamin betina, berat tubuhnya lebih ringan dibandingkan jantan, yakni 75-115 kg.

Meskipun begitu, harimau Jawa yang diyakini masih ada ini memiliki jejak kaki lebih besar dibandingkan harimau yang hidup di sepanjang dataran Bangladesh, India, hingga Nepal.

Baca Juga:  Bupati Banjarnegara Kepala Daerah Termiskin di Jateng, Segini Hartanya



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago