SOLOPOS.COM - Tugu Yogyakarta (Instagram/@ditzindahoodz)

Solopos.com, JAKARTA – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) turun dari PPKM level 4 ke level 3. DIY menjadi salah satu provinsi yang mengalami kemajuan dalam penanganan Covid-19 sehingga jumlah daerah berstatus PPKM level 4 hanya menyisakan 11 kabupaten/kota.

“Situasi perkembangan Covid-19 di Jawa Bali terus mengalami perbaikan yang cukup berarti. Hal ini ditandai dengan semakin sedikitnya kota/kabupaten berada di level 4. Di mana per 5 September hanya 11 kabupaten/kota di Jawa-Bali yang ada pada level 4 dari sebelumnya ada 25 kota/kabupaten,” kata Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, seperti dikutip detikcom, Senin (6/9/2021).

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

“DIY berhasil turun ke level 3. Sementara Bali kami perkirakan butuh waktu satu minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan pasien di rumah sakit yang masih tinggi,” ujar Luhut.

Baca Juga: PPKM Jawa-Bali Dilanjutkan, Dine in Diperpanjang Jadi 60 Menit

Terkait Bali yang belum turun level, dia mengaku sudah berkomunikasi dengan Gubernur Bali, Wayan Koster, untuk bersama menangani Covid-19. Luhut menyampaikan indikator penanganan Covid-19 di Pulau Dewata semakin baik.

“Secara keseluruhan, indikator transmisi penyakit yang terdiri atas penambahan jumlah kasus konfirmasi, jumlah perawatan pasien di RS, dan jumlah kematian terus mengalami perbaikan. Ini semua patut disyukuri sebagai buah kerja kita bersama,” ucap dia.

Luhut mengatakan peningkatan signifikan terjadi pada level 2 di mana jumlah kabupaten/kota menjadi 43 dari sebelumnya 27 kabupaten/kota.

Baca Juga: PPKM Jawa-Bali Dilanjutkan 7-13 September 2021

 

Turun 42%

“Peningkatan yang signifikan ini terjadi pada level 2, di mana jumlah kota/kabupaten meningkat dari sebelumnya 27 menjadi 43 kota/kabupaten dari wilayah aglomerasi,” ucapnya.

Seperti diketahui, pemerintah menyatakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa-Bali dilanjutkan mulai Selasa (7/9/2021) hingga 13 September 2021. Selama sepekan terakhir, menurut Luhut, tren kasus Covid-19 cenderung menurun. Perinciannya, berdasarkan catatan Worldometers.info, jumlah kasus positif virus Corona di Indonesia dalam tujuh hari terakhir hingga Minggu (5/9/ 2021) mencapai 55,189.

Jika dibandingkan dengan total tambahan kasus positif Covid-19 dalam sepekan sebelumnya yaitu  94,375 kasus. Artinya, dalam sepekan terakhir terjadi penurunan kasus positif Covid-19 di Indonesia sebesar 42 persen.

Baca Juga: Persis Solo Amankan Titisan Ricky Yacobi, Ini Sosoknya

Worldometers juga mencatat jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir 199 per 1 juta penduduk. Selain itu, kasus kematian akibat Covid-19 juga menurun.  Pada pekan lalu, jumlah orang yang meninggal 4.239 kasus, pada pekan ini 3.370 orang.

Namun, pasien Covid-19 yang sembuh sepekan ini berkurang. Pekan lalu, Satgas Penanggulangan Covid-19 mencatat ada 137.552 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya