SOLOPOS.COM - Jalan Malioboro (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA- Mulai tahun ini, Dinas Kebudayaan DIY merencanakan pembuatan grand design enam kawasan heritage, yakni Malioboro, Kraton, Pakualaman, Kotabaru, Kotagede, dan Imogiri.

Kepala Bidang Purbakala dan Museum Aryanti Luhur Tri Setyarini mengungkapkan permintaan dari Panitia Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta agar revitalisasi rumah kuno di Kampung Pecinan Ketandan, termasuk dalam desain kawasan heritage Malioboro.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sehingga, penatan Ketandan tidak menjadi pembahasan yang terpisah,” katanya, Kamis (6/2/2014).

Soal fisik, menjadi tugas dan kewenangan bersama Dinas Pekerjaan Umum.

Ririn mengatakan, dengan desain itu dapat menjadi panduan kota/kabupaten dalam membuat rencana detail tata ruang. Desain itu termasuk mengatur boleh tidaknya sebuah bangunan hotel berada di kawasan tersebut.

Di Kampung Pecinan Ketandan, rumah-rumah kuno sulit dipertahankan, karena pemilik yang sudah berusia lanjut. Padahal, ketika bangunan- bangunan berusia lebih 100 tahun itu dilestarikan, dapat mendongkrak kehidupan pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya