Diusulkan, Raperda Perlindungan Lansia

SHARE
Diusulkan, Raperda Perlindungan Lansia
SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sejumlah warga lanjut usia (Lansia) beraktivitas di Panti Wreda Solo, Selasa (24/5/2011). (dok Solopos)

Solo (Solopos.com)–Keberadaan warga lanjut usia (Lansia) di Kota Solo diakui perlu mendapatkan perhatian  lebih. Untuk itulah, kalangan anggota DPRD setempat bakal mengusulkan adanya peraturan daerah (Perda) Perlindungan Lansia.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Rencananya Rancangan Perda tersebut akan masuk dalam pembahasan tahun 2012 mendatang.

Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Muhammad Rodhi mengemukakan diusulkannya Perda itu karena memandang keberadaan Lansia di Kota Solo perlu mendapatkan perhatian lebih, khususnya hak mereka mendapatkan perlindungan dari negara.

“Berkaca pada sejumlah kasus di Negara Singapura, di mana ada kasus orangtua yang sudah lanjut usia, disia-siakan oleh anak-anak atau keluarganya, maka kami menilai perlu adanya perlindungan terhadap keberadaan mereka,” ungkap Rodhi kepada wartawan, Rabu (2/11).

Menurut Rodhi, Lansia memerlukan perlindungan karena ketika sudah berusia lanjut, kemampuan fisik cenderung menurun sehingga seharusnya dirawat.

“Nah ini seharusnya menjadi kewajiban anak-anak atau keluarganya. Tapi banyak kasus, justru setelah usianya lanjut, justru ada yang dilempar ke jalanan ataupun sekadar dititipkan di panti jompo tanpa mempertimbangkan psikologi orangtua yang bersangkutan,” paparnya.

Dengan adanya Perda Perlindungan lansia nantinya, diharapkan ada regulasi yang jelas menyangkut perlakuan terhadap kalangan Lansia tersebut. Harus seperti apa ketika ada pelanggaran hak atas Lansia itu dan apa sanksinya.

(sry)



Kata Kunci : DPRD Solo Lansia Raperda
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago