SOLOPOS.COM - Pengunjung memadati area wahana permainan Pasar Malam Sekaten Solo pada hari terakhir, Minggu (16/10/2022) malam. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Pasar Malam Sekaten Solo 2022 resmi berakhir pada Minggu (16/10/2022) malam dengan penampilan Orkes Melayu (OM) Adella di Alun-Alun Kidul (Alkid) Keraton Solo, Minggu (16/10/2022) malam. Pengunjung memenuhi tidak hanya Alkid tapi juga Alun-alun utara (Alut) Keraton Solo.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di Alut, pengunjung memenuhi beberapa wahana mulai dari Roda Gila, Retrocoaster, Trampoline, hingga Bombom Car. Ada juga atraksi kembang api petugas di wahana komidi putar untuk memeriahkan suasana.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Riska, salah satu pengunjung mengaku puas dan berusaha menikmati setiap wahana Pasar Malam Sekaten Solo 2022 pada hari terakhir itu. Ia mengatakan Pasar Malam Sekaten tahun inilebih semarak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Sengaja datang di hari terakhir terus keliling semua wahana dicoba tadi dari bombom car terus naik bianglala. Di hari terakhir tak kira sepi ternyata lumayan ramai. Sekaten yang tahun ini memang lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di Alut Keraton Solo, Minggu (16/10/2022) malam.

Ekspedisi Mudik 2024

Perempuan berusia 22 tahun ini menyayangkan ada beberapa warung atau stan yang tutup pada hari terakhir. “Sebenarnya pengin jajan cumi atau kepiting bakar cuman tutup tempatnya, mungkin karena hari terakhir jadi sudah pada tutup,” ucapnya.

Baca Juga: Kapal Otok-Otok, Mainan Zadul yang Bikin Pengunjung Sekaten Solo Bernostalgia

Hal senada disampaikan Adhe, mahasiwa Unisri Solo yang datang di hari terakhir untuk berwisata kuliner. Namun ternyata banyak stan makanan yang tutup membuatnya sedikit kecewa.

Jalan-Jalan Sambil Kulineran

“Niatnya jajan atau coba wisata kuliner di hari terakhir, ternyata wes padha tutupan, tapi ya masih ada yang buka meskipun enggak banyak pilihannya,” ujarnya di Pasar Malam Sekaten Solo 2022.

Menikmati wahana yang masih ada sembari menikmati suguhan kuliner juga dilakukan Winda di Alkid Keraton Solo. Ia bersama empat temannya berjalan-jalan dan mencoba beberapa wahana sebelum menutup malam dengan jajan kuliner.

“Hari terakhir Pasar Malam Sekaten enggak seramai yang hari pertama. Pedagang juga pada tutup, tapi lumayan masih bisa jalan-jalan main sama wisata mumpung hari terakhir,” ucapnya.

Baca Juga: Curhatan Pedagang Pasar Malam Sekaten Solo: Sewa Stan Mahal, Pembeli Sepi

Winda juga berharap tahun depan ada beberapa perubahan atau inovasi di Pasar Malam Sekaten, salah satunya adalah tarif parkir yang menurutnya cukup mahal. Selain itu, acara yang terpecah di dua lokasi menurutnya juga tidak efektif.

“Sebenarnya kalau di satu tempat misal di Alut saja mungkin akan lebih ramai dan seru. Jadi pengunjung enggak mecah mau ke mana. Sama kalau bisa parkirnya agak ditegesi, mosok parkir motor bayarnya Rp3.000 kan ya mahal banget,” ujarnya.

Salah satu pedagang kuliner Pasar Malam Sekaten di Alkid Solo, Kusnadi, menyebut mestinya Pasar Malam Sekaten difokuskan di satu lokasi agar tidak terpecah.

Nonton Dangdutan di Panggung Sekaten

“Kalau di satu tempat mungkin pedagang bisa lebih laris karena di satu tempat, kalau di dua tempat begini kan malah jadinya pengunjung bingung mau ke mana,” ujarnya.

Baca Juga: Los Dol hingga Medot Janji, Denny Caknan Hibur 3.000 Penonton di Sekaten Solo

Sementara itu, pengunjung yang ingin memuaskan hasrat dangdutan memadati area depan panggung hiburan Sekaten di Alkid Solo, Minggu malam. OM Adella menjadi penampil terakhir di panggung hiburan tersebut.

Selama sebulan penyelenggaraan Pasar Malam Sekaten Solo, panggung tersebut hampir setiap hari menampilkan pertunjukan musik dan pada beberapa malam diisi artis nasional seperti Denny Caknan, Happy Asmara, Dara The Virgin, dan penyanyi cilik Farel Prayoga.

Terlihat di video yang diunggah pengelola akun @agendasolo, Minggu malam, penonton tampak menikmati sajian musik dan penampilan penyanyi di panggung. Mereka ikut bergoyang, mengangkat tangan mengikuti irama lagi.

Baca Juga: Harga Tiket Nonton Panggung Hiburan Sekaten Solo, Denny Caknan Termahal

OM Adella yang mengusung tagline The Real Dangdut Koplo memboyong beberapa penyanyi pada malam terakhir Pasar Malam Sekaten tersebut. Mereka di antaranya Sherly KDI, Desy Thata, Arneta Julia, Nurma KDI, Difarina, dan Lusyana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya