SOLOPOS.COM - Astra pada Senin (5/9/2022) menggelar Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2022 dengan tema “Bangkit Bersama untuk Indonesia.” (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Anda sudah mendaftar Lomba Foto Astra 2022 atau belum? Jangan sampai telat, Astra masih membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti Lomba Foto Astra 2022 hingga besok, 31 Desember 2022.

Lomba Foto Astra 2022 ini mengusung tema Bangkit Bersama Untuk Indonesia. Pendaftaran lomba mulai dibuka 5 September 2022 hingga 31 Desember 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peserta lomba hanya perlu mengirimkan foto sesuai tema. Anda bisa menyimak panduannya di website www.satu-indonesia.com. Lantas, apa saja syarat mengikuti Lomba Foto Astra 2022?

Berikut Solopos.com menyarikan dari website www.satu-indonesia.com, syarat foto Lomba Foto Astra 2022 :

  1. Foto yang dilombakan adalah hasil karya sendiri, belum pernah dipublikasikan di media massa (kecuali sosial media) dan belum pernah memenangkan gelar apapun dalam perlombaan dan atau kontes fotografi baik offline maupun online.
  2. Pengambilan foto dalam periode 2018-2022 (tercantum di metada EXIF).
  3. Periode lomba 5 September-31 Desember 2022.
  4. Foto harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan ataupun pelecehan terhadap SARA.
  5. Foto harus dalam format digital. Foto diambil menggunakan kamera digital (DSLR, pocket, mirrorless) atau smartphone yang mendukung ketentuan format foto. Tidak diperkenankan untuk mengunggah scan negatif, transparansi atau hasil cetak foto.
  6. Foto kolase dan montase tidak diperkenankan. Editing diperkenankan hanya sebatas warna, kontras, dodging, burning, rotating, dan cropping.
  7. Foto dikirimkan dalam bentuk soft copy dengan mengunggahnya di microsite Lomba Foto Astra 2022.
  8. Peserta boleh mengunggah maksimal sebanyak 10 foto. Masa kurasi foto maksimal 3×24 jam. Foto tidak dapat diganti atau dihapus setelah 1×24 jam lolos proses kurasi.
  9. Foto paling lambat diterima pada Sabtu, 31 Desember 2022.
  10. Foto peserta pemenang dan nominasi berhak digunakan oleh Astra untuk kepentingan Astra dalam hal apapun.

Baca Juga : Info Lomba Foto Astra 2022: Peluang buat Kamu yang Berbakat, Pamerkan Karyamu!

Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, mengatakan lomba ini digelar sebagai apresiasi terhadap anak bangsa yang terus bangkit dan bergerak bersama-sama untuk mendukung pemulihan negeri.

“Melalui Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra, kami ingin memberikan apresiasi kepada anak bangsa yang tidak kenal lelah berjuang. Mari bangkit bersama dalam kondisi yang menantang agar dapat pulih lebih cepat,” kata Riza melalui siaran pers yang diterima Solopos.com belum lama ini.

Astra mengundang masyarakat untuk berpartisipasi denngan membagikan hasil karya foto atau tulis yang menggambarkan semangat, harapan, optimisme, dan persatuan masyarakat dalam mendukung kebangkitan Indonesia dari berbagai aspek. Ada beberapa ide foto yang bisa menginspirasi masyarakat untuk mengikuti Lomba Foto Astra 2022.

Berikut ini ide tema Lomba Foto Astra 2022 untuk masyarakat umum, seperti dikutip dari laman www.satu-indonesia.com :

  1. Potret yang menggambarkan semangat untuk bertahan, bangkit, dan bergerak untuk memulihkan kondisi saat ini.
  2. Potret yang mencerminkan rasa optimis dalam menghadapi tantangan untuk mencapai masa depan yang lebih baik.
  3. Potret yang mengisahkan semangat perjuangan individu atau kelompok untuk bergerak memajukan Indonesia.
  4. Potret yang menunjukkan sinergi yang kokoh atau gotong royong untuk bangkit bersama.
  5. Potret yang memunculkan persatuan bangsa Indonesia.
  6. Potret yang memunculkan harapan bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga : Mengenal SATU Indonesia Awards, Tema Tulisan Anugerah Pewarta Astra 2022

Melalui Lomba Foto Astra 2022, para pehobi foto dapat ikut bergabung untuk mengabadikan potret objek, sosok, atau kegiatan yang berdampak positif dan memunculkan semangat serta menggambarkan perjuangan untuk kebangkitan Indonesia.

Lomba ini bisa diikuti masyarakat umum dan pewarta alias jurnalis. Riza menambahkan Astra mempersembahkan sejumlah hadiah menarik yang bisa diraih oleh para pemenang Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2022 dari kategori wartawan maupun umum.

  • Hadiah juara 1 : 4 Honda PCX eHEV
  • Hadiah juara 2 : 4 Honda ADV 160
  • Hadiah juara 3 : 4 Honda Vario 160
  • Hadiah juara harapan : 12 DJI Mavic Mini 2
  • Hadiah juara Favorit : 60 Samsung Galaxy Tab A7
  • Hadiah hiburan bulanan : 24 Jabra Elite 2 True Wireless Earbuds

Baca Juga : Ditutup 31 Desember, Ini Syarat Ikut Lomba Foto Astra 2022 Berhadiah Motor

Astra secara konsisten mengadakan Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra setiap tahun. Tahun ini adalah tahun ke-14 penyelenggaraan Lomba Foto Astra dan memasuki tahun ke-8 pelaksanaan Anugerah Pewarta Astra.

Selama enam tahun berjalan, pendaftar Lomba Foto Astra telah mencapai 62.606 peserta dengan jumlah karya foto yang diikutsertakan 102.787 foto. Pendaftar Anugerah Pewarta Astra mencapai 6.318 peserta dengan total karya tulis sebanyak 2.178 artikel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya