SOLOPOS.COM - Turnamen pramusim Piala Wali Kota Solo di Stadion Manahan kembali ditunda dengan waktu yang belum ditentukan. (dok)

Solopos.com, SOLO—Persebaran Covid-19 yang masif di Soloraya membuat Piala Wali Kota Solo kembali ditunda. Ini bukan kali pertama turnamen pramusim tersebut mengalami penundaan. Dalam rencana awal, turnamen bakal digelar 20-26 Juni 2021. Namun jadwal tersebut kemudian diundur menjadi 29 Juni-4 Juli 2021 sebelum akhirnya ditunda kembali.

Bhayangkara FC menilai Piala Wali Kota Solo hampir mustahil digelar lantaran Liga 1 bakal dimulai 9 Juli 2021. Bhayangkara FC dijadwalkan menjalani laga perdana Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, 11 Juli.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Media Officer Bhayangkara FC, Anggra Bratama, mempertanyakan penundaan turnamen pramusim yang sangat mendadak.  “Kami tidak ada masalah dengan penundaan, apalagi jika alasannya kesehatan. Yang kami kecewa dari panpel, apakah mereka sebelumnya tidak ada konfirmasi ke pihak terkait masalah izin ini?” kata dia saar dihubungi Solopos.com, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Persis Solo dan Bhayangkara FC Kecewa Piala Wali Kota Ditunda

The Guardians mengaku belum mengagendakan uji coba pengganti seusai penundaan Piala Wali Kota Solo. “Kami tetap latihan di Solo, fokus ke liga sambil menunggu berangkat ke Jakarta,” ujar Anggra.

Panitia pelaksana (Panpel) Piala Wali Kota Solo juga belum dapat memastikan jadwal terbaru ajang tersebut seusai instruksi penundaan dari Kapolda Jawa Tengah. Hal ini lantaran Liga 1 2021 yang akan berlangsung kurang dari dua pekan lagi.

Panpel membuka kemungkinan Piala Wali Kota Solo baru bisa digelar setalah kompetisi berakhir. “Memang ada kekecewaan karena mereka telah menantikan turnamen ini. Namun mereka mengapresiasi keputusan itu. Kembali lagi, kesehatan pemain adalah yang utama,” ujar Ketua Organizining Committee Piala Wali Kota Solo, Cahyadi Wanda, dalam jumpa pers virtual, Senin (28/6/2021) malam.

Baca Juga: Dibanderol Rp499.000, Harga Jersey Pramusim Persis Solo Kemahalan

 

Kompensasi

Cahyadi mengatakan panpel menghormati instruksi Kapolda Jateng yang meminta turnamen ditunda menyusul lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Tengah. Menurut Cahyadi, seluruh klub kontestan juga mendukung keputusan tersebut.

Cahyadi kini mengaku belum mendapat gambaran jadwal terbaru ajang tersebut. “Jujur saat ini kami belum ada timeline terkait itu. Sangat mungkin Liga 1 berjalan, setelah itu [turnamen] baru bisa dilaksanakan lagi,” ujarnya.

Panpel menyebut sejumlah tim sudah bersiap kembali ke daerah asal mereka menyusul penundaan Piala Wali Kota Solo. Sejatinya kedelapan tim kontestan sudah berada di Kota Solo per Senin sore. AHHA PS Pati (PSG Pati) bahkan sudah sampai di Kota Bengawan untuk persiapan turnamen Kamis (24/6/2021) lalu. “Beberapa tim sudah akan kembali ke kota masing-masing,” ujar Cahyadi.

Baca Juga: Prediksi Prancis Vs Swiss: Deschamps Enggan Jemawa

Disinggung adakah kompensasi bagi tim yang telanjur berangkat ke Solo, pihaknya memastikan telah menanggung transportasi dan akomodasi. “Penginapan dan transportasi tim sudah kami bayar.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya