SOLOPOS.COM - Dua sahabat, Lestari (kiri) dan Umi, saat diwawancarai wartawan Thayyibah.com, Sudarso Arief Bakuama. (Thayyibah Channel)

Solopos.com, JAKARTA — Seorang perempuan bernama Lestari, 59, mengaku menjadi orang pertama yang dibohongi Yusuf Mansur tahun 1999 silam.

Saat itu, menurut Lestari, Yusuf Mansur yang belum menjadi ustaz menggadaikan mobil kepada dirinya yang ternyata mobil rental.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akibat menggadaikan mobil rental itu Yusuf Mansur sempat dibui dua bulan. Yusuf Mansur juga dikejar-kejar tentara yang menjadi korbannya.

Pengakuan Lesatri pada awal April 2022 itu belum dijawab Yusuf Mansur. Dalam berbagai kesempatan, Yusuf Mansur mengakui dirinya pernah dipenjara dua bulan namun bukan karena menggadaikan mobil rental.

Baca Juga: Yusuf Mansur Tak Jawab Tuduhan Gadai Mobil Rental dan Jual Tanah Wakaf

Menurut Yusuf Mansur, dirinya rela dipenjara karena pasang badan atas tindakan rekannya yang kabur membawa uang bisnis mereka senilai Rp1,4 miliar.

Namun dalam penelusuran Solopos.com, Yusuf Mansur secara tersirat pernah mengakui terjerat kasus yang dituduhkan Lestari.

Video yang diunggah kanal Youtube Queen Nathania pada 8 Juni 2022 berjudul “Yusuf Mansur Kriteria Ustaz Khurafat? Suka Bohong dan Dusta,” memperlihatkan Yusuf Mansur yang sedang berkutbah dalam acara wisuda tahfiz Quran di Kalimantan Selatan tahun 2018.

Baca Juga: Cerita Yusuf Mansur Dilaporkan ke Mabes Polri lalu Kembalikan Uang

Di hadapan ratusan jemaah, Yusuf Mansur mengaku pernah dikejar-kejar aparat TNI dan polisi.

“Sebelum kenal Alquran saya tinggal di eternit, sebelum saya kenal dengan Quran saya tinggal di kolong antara genteng dan eternit. Kenapa? Saya pelarian Pak. Kabur. Lari dari tentara, lari dari polisi. Kalau ketemu tentara saya digebukin, kalau ketemu polisi saya ditangkep. Kenapa? Banyak masalahnya, banyak persoalannya. Alquran tidak ada lalu saya gelap,” ujar Yusuf Mansur dalam ceramahnya.

“Saya hanya bisa membayangkan wajah ibu saya, saya hanya bisa membayangkan wajah ayah saya, wajah adik-adik saya. Gak bisa saya ketemu sama mereka. Rp1,4 miliar masalahnya. Dibagi begitu banyak orang, orang semua mencari saya. Ya Allah, sekarang orang mencari saya buat saya ceramah. Orang sekarang mencari saya agar saya membantu kotanya, membantu provinsinya,” lanjut Yusuf Mansur.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Limpahkan Kasus Yusuf Mansur ke Polsek Ciracas

Sebelumnya diberitakan Solopos.com, kehidupan Lestari, mantan pengusaha asal Jogja berubah drastis setelah mengenal Jamán Nurchotib alias Yusuf Mansur.

Wanita berusia 59 tahun ini diklaim sebagai korban pertama yang ditipu dai kondang tersebut.

“Inget dong dulu, tega banget gara-gara kamu saya enggak punya rumah. Terlunta-lunta di Batam. Kembalikan uang saya yang kamu bawa,” ujar Lestari saat diwawancarai wartawan Thayyibah.com, Sudarso Arief Bakuama, Jumat (8/4/2022) lalu.

Baca Juga: Kronologi Lestari Dikhianati Yusuf Mansur: Mobil Hilang-Hidup Susah

Lestari mengaku selama 10 tahun hidup di Jakarta, semuanya berjalan normal. Namun sejak mengenal Yusuf Mansur, kehidupannya berubah drastis.

Ia dikenalkan seorang rekannya bernama Iwak, untuk penggadaian sebuah mobil.

Berawal dari penggadaian pertama itu Yusuf Mansur lantas menggadaikan beberapa mobil lainnya yang ia sebut sebagai milik saudaranya.

Baca Juga: Kisah Lestari Dikhianati Yusuf Mansur: Numpang Hidup Malah Jual Rumah

Belakangan diketahui ternyata semua mobil yang digadaikan Yusuf Mansur itu merupakan mobil sewaan di sebuah rental terkenal di Jakarta.

“Dia menggadaikan mobil ke saya. Pertama starlet Rp10 juta. Beberapa pekan kemudian dia membawa dua mobil Kijang, masing-masing digadaikan Rp10 juta,” terang Lestari.

Kala itu Yusuf Mansur mengaku mobil yang digadaikan adalah milik keluarganya. Namun dia tidak bisa menunjukkan BPKB yang belakangan diketahui mobil rental.



Baca Juga: Inilah Lestari, Pengusaha yang Tampung Yusuf Mansur Tapi Malah Ditipu

“Pas saya pergi ke Cipondoh kalau enggak salah, pulangnya sampai ke gerbang masuk ada petugas di rumah saya. Si Jamán kemudian dibawa sama petugas, ke mana enggak tahu. Akhirnya mobil ditarik sama rental dan uangnya tidak dikembalikan,” kenangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya