SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (Liputan6.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kebakaran menimpa rumah Minem, 80, warga Watusambung RT 03/RW 06, Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Selasa (26/7/2022) sekitar pukul 17.15 WIB. Penyebabnya diduga korban kelupaan mematikan kompor.

Kasi Humas Polres Karanganyar, AKP Agung Purwoko, mewakili Kapolres, AKBP Danang Kuswoyo, mengatakan kebakaran terjadi setelah korban memasak sayur. Namun ia lupa mematikan kompor saat meninggalkan rumah untuk menonton pertandingan sepak bola di lapangan Plumbon, Tawangmangu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Menurut keterangan yang kami kumpulkan di lokasi, kebakaran terjadi saat korban memasak sayur. Kemudian ia meninggalkan rumah untuk menonton sepakbola. Padahal saat itu kompor masih dalam keadaan menyala,” ujar Agung, Kamis (27/7/2022).

Diperkirakan, api menyebabkan panci hangus dan membakar benda-benda di sekitarnya hingga membakar rumah. Beberapa tetangga korban yang curiga melihat kepulan asap langsung memeriksa rumah Minem. Ternyata api sudah membakar sebagian rumah Minem. Tetangga itu memanggil warga lain untuk memadamkan api.

Baca Juga: Masak Ikan Ditinggal, Rumah Di Tawangmangu Karanganyar Ludes Terbakar

“Ada dua saksi yang melihat kepulan asap hitam melalui atap rumah, kemudian keduanya mencari sumber munculnya asap tersebut. Ternyata rumah korban sudah terbakar, mereka langsung memberitahu warga yang lain untuk membantu pemadaman api secara manual dan melaporkan kejadian ini ke Polsek Tawangmangu,” kata Agung.

Sekitar 45 menit kemudian api berhasil dipadamkan. Dua unit mobil pemadam kebakaran yang datang melakukan penyemprotam untuk pendinginan. Estimasi kerugian material berkisar Rp20 juta.

Atas kejadian ini, Agung mengimbau masyarakat agar selalu memastikan kompor dalam keadaan mati sebelum meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Selain itu, pastikan agar warga sudah mencabut alat elektronik seperti pengisi daya ponsel, setrika, dan lainnya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya