Ditinggal Ke Tempat Anak, Rumah Pria 91 Tahun Di Karanganyar Ludes Terbakar
Solopos.com|soloraya

Ditinggal Ke Tempat Anak, Rumah Pria 91 Tahun Di Karanganyar Ludes Terbakar

Rumah milik warga berusia 91 tahun di Tawangmangu, Karanganyar, terbakar hingga ludes saat ditinggal ke rumah anaknya pada Minggu siang.

Solopos.com, KARANGANYAR -- Rumah milik Sido Karyo Dimejo, 91, warga Dukuh Cumpleng, RT 003/RW 011, Desa Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar, ludes terbakar pada Minggu (18/4/2021) sekitar pukul 15.15 WIB.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Tetapi kerugian ditaksir mencapai Rp75 juta. Kondisi rumah beserta isinya ludes dilalap si jago merah.

"Habis rumahnya. Total. Hanya menyisakan tembok. Saat kejadian itu rumah dalam kondisi kosong," kata Camat Tawangmangu, Rusdiyanto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Baca Juga: 4 Warga Ngringo Karanganyar Kena Demam Berdarah, 3 Masih Anak-Anak

Rusdiyanto sudah mengecek kondisi rumah warga Tawangamangu, Karanganyar, yang terbakar tersebut. Ia Dia menuturkan pemilik rumah sudah lanjut usia. Dugaan sementara, kebakaran tersebut karena hubungan pendek arus listrik.

"Korsleting listrik. Mbah kakung ngecopke apa begitu lalu ditinggal pergi. Hla meleleh. Wong sudah 91 tahun kan sudah pikun. Ditinggal pergi ke rumah anaknya. Rumahnya dekat rumah mbah kakung itu," tuturnya.

Ia menceritakan Sido enggan diajak tinggal bersama anaknya. Kakek-kakek itu memilih tinggal seorang diri di rumahnya. Terkait kondisi itu, Rusdiyanto mengusulkan akan memperbaiki rumah tersebut menggunakan dana bantuan RTLH.

Baca Juga: Lockdown SMAN Kebakkramat Karanganyar Dibuka, Tapi Siswa Belum Boleh ke Sekolah

"Sudah tidak bisa ditempati [setelah terbakar]. Piyayi sepuh tidak mau diajak tinggal di tempat anaknya. Nanti rembukan dengan desa dibantu lewat bantuan RTLH," ujarnya.

Kali Pertama Diketahui Tetangga

Kasubbag Humas Polres Karanganyar, Iptu Agung Purwoko, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maulla, peristiwa rumah warga Tawangmanggu yang terbakar itu kali pertama diketahui tetangga korban.

"Tetangga korban ini sedang di rumah. Ia melihat kepulan asap dari rumah korban. Rumah korban ada di belakang rumahnya. Ia berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Warga mendatangi tempat kejadian dan mengecek keberadaan korban. Korban tidak ada di rumah, tetapi di rumah anak, Suliyem," ujar Agung saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Baca Juga: Apindo Karanganyar Akui Tak Mudah Antisipasi PHK Sebelum Lebaran

Warga berusaha memadamkan api dan menghubungi Polsek Tawangmangu dan sukarelawan. Dugaan sementara, kata Agung, rumah warga Tawangmangu, Karanganyar, itu terbakar karena korsleting.

Sementara itu, menurut informasi, proses pemadaman api yang membakar rumah Sido sempat terkendala. Rumah itu berada sekitar 20 meter dari jalan. Mobil tidak bisa masuk. Hanya selang mobil damkar yang bisa dibawa melewati gang sempit untuk menyemprotkan air ke rumah yang terbakar.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Karanganyar, Renggo Buono, menyampaikan api berhasil dipadamkan pukul 16.20 WIB. Dua unit pemadam kebakaran berada di lokasi kejadian.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago