SOLOPOS.COM - Kondisi ruang kamar di rumah milik Mulyadi yang terbakar pada Rabu (16/3/2022). (Istimewa/Damkar Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Rumah milik Mulyadi, warga Dusun Gemolong, Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah nyaris ludes dilalap api saat ditinggal ke sawah.

Informasi yang dihimpun Solopos.com si jago merah hanya melalap ruang kamar bagian belakang rumahnya. Akibat kebakaran itu Mulyadi mengalami kerugian senilai Rp5 juta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kasi Pemadam Kebakaran Satpol PP Karanganyar, Renggo Buono, mengatakan kebakaran terjadi pada Rabu (16/3/2022) sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu Mulyadi tengah pergi ke sawah.

Baca Juga : Pabrik Sablon Di Karanganyar Terbakar, Ada Suara Ledakan

Saat kejadian, hanya ada dua anak Mulyadi di rumah. Kedua anak korban tiba-tiba dikejutkan dengan munculnya kepulan asap dan api dari kamar yang berada di bagian belakang rumah.

Sontak kedua anak korban ini keluar rumah dan berteriak meminta pertolongan. Warga setempat yang mengetahui itu langsung membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Warga bergotong royong memadamkan api.

“Ada yang menggunakan ember berisi air, selang air. Itu agar api tidak membesar,” kata Renggo ketika dihubungi Solopos.com, Kamis (17/3/2022) pagi.

Baca Juga : Diduga Karena Tungku Belum Padam, Dapur Warga Karanganyar Kebakaran

Warga lain melaporkan kejadian tersebut kepada pemadam kebakaran. Dua unit mobil pemadam kebakaran langsung dikerahkan ke lokasi. Aksi gotong royong warga untuk memadamkan api menggunakan peralatan seadanya membuahkan hasil. Api berhasil dipadamkan sebelum mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. “Kami datang api sudah padam. Tapi kami lakukan pendinginan dan memastikan api benar-benar padam,” katanya.

Renggo mengungkapkan api muncul diduga karena korsleting. Jaringan instalasi listrik di kamar tersebut diduga telah usang sehingga menimbulkan percikan api dan menyebabkan kebakaran.

Baca Juga : Kerugian Rp160 Juta, Ini Kronologi Kebakaran Unknown Coffee Colomadu

Beberapa barang tak bisa diselamatkan karena terbakar, di antaranya TV tabung 15 inch, meja kecil dari kayu, kasur dari kapas, dan surat-surat berharga. “Kami mengimbau warga agar memperhatikan kondisi jaringan listrik di rumah. Kalau menemukan kabel terkelupas atau jaringan sudah layak diganti harus segera diganti. Kasus kebakaran mayoritas karena korsleting,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya