SOLOPOS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan) didampingi ketua PFI Yogyakarta Tolcah Hamied melihat Pameran Foto Nusa Bahari di Bentara Budaya Yogyakarta, Rabu (9/9) malam. Dalam kesempatan tersebut menteri KKP memberikan apresiasi atas karya foto yang dipamerkan. (Gigih M. Hanafi/Harian Jogja )

Menteri Susi Pudjiastuti merasa telah memenangkan banyak hal kendati diterpa isu reshuffle.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah kepemimpinannya sudah memenangkan banyak hal. Jadi, kalaupun dirinya tak menjabat lagi, hal itu tidak masalah.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Setidaknya ada dua kemenangan monumental yang dicatat olehnya. Pertama, pembentukan Satgas Pemberantasan Penangkapan Ikan secara Ilegal (Satgas 115). Kedua, yaitu penerbitan Peraturan Presiden No 44/2016 yang menutup usaha perikanan tangkap bagi investasi asing atas restu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dua kebijakan itu menurutnya berdampak positif yang ditandai oleh kenaikan stok ikan nasional, peningkatan nilai tukar nelayan, dan surplus perdagangan ikan terlebar se-Asia Tenggara.

“Saya memberikan maksimum yang saya bisa untuk periode jabatan, di mana menteri pun jabatan politis yang bisa diganti atau berganti kapan saja sesuai dengan situasi politik, tapi Anda semua yang ada di sini, kemenangan kita sudah banyak,” ujarnya dalam acara Halal Bi Halal KKP, Senin (10/1/2017).

Tidak jelas apakah pernyataan Susi untuk menanggapi rumor reshuffle dirinya yang berkembang sejak April dan terus menguat. Dia hanya menyampaikan, tidak ada yang lebih penting dari komitmennya terhadap pekerjaan dan kecintaannya pada negara.

“Seorang yang pendidikannya cuma SMA jadi menteri, saya rasa itu anugerah hidup yang luar biasa. Mau apa lagi?” ungkapnya. Namun, sejauh ini Susi menjadi salah satu menteri dengan tingkat kepuasan publik tertinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya