Diterjang Lisus, Lima Pohon di Desa Plesan Sukoharjo Tumbang

Derasnya hujan disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon di pinggir jalan perdesaan tumbang.
SHARE
Diterjang Lisus, Lima Pohon di Desa Plesan Sukoharjo Tumbang
SOLOPOS.COM - Pohon tumbang akibat diterjang angin kencang di Desa Plesan, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Kamis (27/1/2022). (Istimewa/Wiyono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah Sukoharjo, Kamis (27/1/2022) sekitar pukul 12.00 WIB. Lima pohon di wilayah Desa Plesan, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, dilaporkan tumbang diterjang hujan angin itu.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Kamis, hujan deras mengguyur wilayah Sukoharjo dan sekitarnya pada Kamis siang. Derasnya hujan disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah pohon di pinggir jalan perdesaan tumbang. Saat kejadian, tak ada pengguna jalan atau masyarakat setempat yang melewati jalan tersebut.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Kepala Desa Plesan, Wiyono, mengatakan pohon yang tumbang berukuran sedang. Ada lima pohon yang tumbang akibat diterjang lisus. Saat ini, warga setempat bersama sukarelawan bencana alam tengah memotong batang pohon yang tumbang dengan gergaji mesin.

Baca juga: Diterjang Angin Kencang, Pohon Besar di Sukoharjo Tumbang

“Kejadiannya cukup cepat. Hujan lebat disertai angin kencang hanya sebentar. Namun, mengakibatkan beberapa pohon tumbang. Laporan yang saya terima ada lima pohon yang tumbang,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Menunggu Proses Pemotongan

Wiyono menduga akar pohon tak kuat menahan terjangan angin kencang saat terjadi hujan. Peristiwa pohon tumbang akibat angin kencang kerap terjadi belakangan ini. Akses jalan perdesaan ditutup sementara menunggu proses pemotongan dan pembersihan batang pohon yang melintang di bahu jalan.

Wiyono menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terutama saat melewati jalan perdesaan saat turun hujan lebat dengan disertai angin kencang. Pohon yang tak kuat menahan angin kencang berpotensi tumbang dan menimpa kendaraan bermotor.

“Lebih baik berhenti sembari menunggu hujan reda. Setelah hujan reda bisa melanjutkan perjalanan,” kata dia.

Baca juga: Jembatan Tambakboyo Sukoharjo Dibangun Lagi, Semoga Rampung Februari

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago