Diterjang Hujan Angin, Sejumlah Pohon di Sukoharjo Tumbang Tutupi Jalan

Sejumlah pohon di Skoharjo tumbang akibat diterjang hujan angin pada Rabu (17/2/2021) siang hingga menutupi jalan.
Diterjang Hujan Angin, Sejumlah Pohon di Sukoharjo Tumbang Tutupi Jalan
SOLOPOS.COM - Petugas BPBD membersihkan pohon tumbang setelah hujan disertai angin kencang menerjang dua kecamatan di Sukoharjo pada Rabu (17/2/2021). (Istimewa/BPBD Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO – Hujan disertai angin kencang menerjang Kecamatan Nguter dan Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (17/2/2021) siang. Dua rumah warga dilaporkan rusak setelah bagian atap tertimpa pohon tumbang.

Selain itu pohon tumbang juga sempat menutup akses jalan penghubung antar desa. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan masih melakukan inventarisasi kejadian hujan deras disertai angin kencang hingga menyebabkan pohon tumbang.

Baca juga: Mak Gruduk... 12 Sumur di Desa Jungkare Karanganom Klaten Ambles hingga 7 Meter

Dari inventarisasi sementara, beberapa pohon di Kecamatan Bulu, Sukoharjo dilaporkan tumbang. Tepatnya di Desa Bulu, Gentan, Kunden dan Ngasinan. Kemudian di Kecamatan Nguter pohon tumbang terjadi di Desa Baran.

"Hujan dengan angin kencang terjadi sekitar pukul 11.15 WIB. Tidak ada korban dalam kejadian ini. Hanya dilaporkan pohon tumbang dan beberapa mengenai atap rumah warga," kata Sri Maryanto kepada Solopos.com.

Di Kecamatan Bulu seperti di Desa Bulu pohon jenis jati tumbang dan menimpa atap rumah milik Sri Wahyono warga Dukuh Jarakan RT 002/RW 006. Lalu di Dukuh Bulu pohon juga tumbang di jalan raya.

Baca juga: Cerita Pencarian Luweng Pracimantoro Wonogiri: Dilacak Dukun – Ketemu di Belakang Rumah Pak Dalang

Begitu juga di Desa Gentan pohon jenis mahoni tumbang melintang jalan sehingga sempat menutup akses jalan raya Krisak-Bulu, Sukoharjo.

"Di Desa Kunden dan Ngasinan juga pohon tumbang melintang di jalan," katanya.

Untuk Kecamatan Nguter, dia menambahkan pohon tumbang dilaporkan terjadi di Dukuh Tegalpancing, Desa Baran. Di mana pohon tumbang jenis jati menimpa sebagian atap rumah milik Sri Amini.

Baca juga: Selain Pembunuhan Baki, Ini Deretan Kasus Dengan Vonis Hukuman Mati di Soloraya

Petugas BPBD Sukoharjo bersama sukarelawan dan warga bergegas melakukan pembersihan lokasi pohon tumbang. Pembersihan dilakukan dengan memotong batang pohon menggunakan gergaji mesin. Langkah ini untuk membuka akses jalan yang tertutup pohon tumbang.

"Pohon tumbang yang menimpa atap rumah warga juga kita lakukan sama. Kita potong pohon beberapa bagian dan dibersihkan," katanya.

Dia meminta kepada warga untuk mewaspadai ancaman hujan dengan angin kencang hingga akhir bulan ini. Warga diminta tidak berteduh di bawah pohon terutama saat hujan deras disertai angin kencang. Sebab dinilai rawan terjadi pohon tumbang.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago