SOLOPOS.COM - Petugas membersihkan material di sebuah rumah warga yang ambruk karena angin kencang di Umbulharjo, Kamis (5/5/2022). (Istimewa/Dok. TRC BPBD DIY)

Solopos.com, JOGJA — Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan satu rumah roboh di Umbulharjo dan atap dari puluhan rumah milik warga diterbangkan angin, pada Kamis (5/5/2022) sore.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Nur Hidayat menjelaskan, insiden rumah roboh tersebut terjadi di Miliran, Umbulharjo sekitar pukul 15.00 WIB.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Rumah semi permanen yang ambruk tersebut milik seorang warga bernama Surat.

“Bangunan rumah terbuat dari triplek dan material GRC [Glass Reinforced Concrete]. Bagian rumah yang roboh adalah ruangan dapur, kamar tidur dan kamar mandi. Korban jiwa nihil,” ujarnya, Kamis (5/5).

BPBD Kota Jogja telah membersihkan material bangunan yang ambruk. Lokasi rumah ambruk juga telah dipasang dengan terpal penutup agar tidak menganggu aktivitas warga di tempat itu.

Baca juga: Pecarian Kapal Nelayan di Gunungkidul, Fokus di Lokasi Ini

Nur menambahkan, selain insiden rumah ambruk sejumlah atap rumah warga juga beterbangan akibat angin kencang Kamis sore . Sampai dengan pukul 18.00 WIB tercatat ada puluhan rumah yang terdampak.

“Semuanya di wilayah Umbulharjo yakni Miliran dan juga Semaki dan satu di antaranya merupakan atap rumah ibadah yang berada di Jalan Kenari” ungkap dia.

Di Gang Tanjung, Miliran, ada 15 rumah yang rusak. Kerusakan terdiri dari atap rumah yang terbuat dari genteng rusak dan terbang dihantam angin.

Baca juga: Membeludak! Pengunjung Teras Malioboro Capai 25.000 Orang dalam Sehari

“Untuk sementara sudah dipasang terpal oleh petugas. Karena ada empat rumah yang kondisinya mengharuskan untuk dipasang terpal,” kata dia.

Selain itu juga terdapat pohon tumbang. Sejumlah petugas gabungan sampai saat ini masih melakukan evakuasi dan pembersihan terhadap material bangunan dan juga dahan pohon.

 

Berita ini telah dimuat di Harianjogja.com dengan judul: Hujan Angin Kurang dari Sejam, Rumah di Umbulharjo Ambruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya