Diterjang Angin Kencang, Pohon Besar di Sukoharjo Tumbang

Hujan deras dan angin kencang yang menerjang Sukoharjo, Sabtu (15/1/2022) menyebabkan sejumlah pohon tumbang.
SHARE
Diterjang Angin Kencang, Pohon Besar di Sukoharjo Tumbang
SOLOPOS.COM - Batang pohon tumbang melintang di jalan pedesaan di Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu, Sabtu (15/1/2022). (Istimewa/BPBD Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Angin kencang alias lisus dan hujan deras mengguyur Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (15/1/2022) siang. Akibatnya, sejumlah pohon di pinggir jalan kawasan Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu dan Kecamatan Bendosari, tumbang.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, hujan deras mengguyur wilayah Sukoharjo dan sekitarnya sekitar pukul 14.00 WIB. Seorang warga Desa Ngasinan, Kecamatan Bulu, Sahid, mengatakan pohon yang tumbang terletak di areal persawahan. Saat kejadian, kondisi jalan sepi. Masyarakat memilih berdiam diri di rumah sembari menunggu hujan reda.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Baca juga: Beras Puan Disalurkan kepada Pemulung dan Petugas Sampah di Sukoharjo

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Sri Maryanto, mengatakan ada dua pohon besar di pinggir jalan perdesaan yang tumbang di wilayah Desa Ngasinan, Bulu. Anggota BPBD Sukoharjo dan sukarelawan bencana alam langsung mendatangi lokasi untuk membersihkan batang pohon yang tumbang di bahu jalan.

“Batang pohon tumbang di bahu jalan. Sempat mengganggu aktivitas para pengguna jalan. Sukarelawan bencana alam sudah memotong batang pohon,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Pohon yang tumbang itu sudah lapuk dimakan usia. Akar pohon tak lagi kuat menahan angin lisus yang menerjang Sukoharjo sekitar lima menit. Selain di wilayah Bulu, pohon tumbang juga terjadi di wilayah Bendosari.

Baca juga: Serapan Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas di Sukoharjo Masih Minim

Selama musim hujan ini, wilayah Sukoharjo kerap diterjang angin kencang seperti lisus. Kali terakhir, puluhan pohon tumbang di wilayah Mojolaban yang sempat menutup akses jalan Plumbon-Gadingan.

“Kami meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat turun hujan lebat disertai angin kencang. Biasanya, angin kencang terjadi hanya beberapa menit namun bisa menumbangkan pohon di pinggir jalan,” ujar dia.

Maryanto menyebut seluruh wilayah Sukoharjo rawan angin lisus. Sukarelawan bencana alam disiagakan saat turun hujan lebat dengan intensitas tinggi dan disertai angin kencang.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago