Diterapkan Akhir 2022, Ini Cara Bayar Tol Pakai Aplikasi di HP

Mulai akhir 2022 pembayaran tol bakal tidak menggunakan kartu e-toll tapi menerapkan sistem transaksi tol berbasis MLFF.
SHARE
Diterapkan Akhir 2022, Ini Cara Bayar Tol Pakai Aplikasi di HP
SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerbang tol Pemalang (Dok. PT Pemalang Batang Toll Road)

Solopos.com, SOLO — Mulai akhir 2022 pembayaran tol bakal tidak menggunakan kartu e-toll tapi menerapkan sistem transaksi tol nirsentuh tanpa berhenti dengan basis Multi Lane Free Flow (MLFF).

Sehingga pengguna jalan tol tidak perlu lagi membuka kaca pintu mobil di pengemudi untuk melakukan pembayaran dengan menyentuhkan kartu tapi pakai aplikasi HP.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Nantinya seperti dikutip Solopos.com dari Toyota.Astra.co.id dan Otomotifnet.gridoto.com, sistem transaksi MLFF akan menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS).

Dengan sistem ini kendaraan tak lagi perlu berhenti untuk tap kartu e-toll guna transaksi, namun tetap bisa membayar tol

Karena dengan MLFF berbasil GNSS, setiap kendaraan yang lewat tol akan terdetksi oleh teknologi tersebut, pembayaran langsung mengurangi saldo e-wallet Anda yang ada di HP.

Baca juga: Begini Cara Mengecek Tarif Tol Secara Online, Mudah Kok

Untuk bayar tol, kendaraan bisa memilih apakah akan menggunakan perangkat e-Obu (aplikasi smartphone), On Board Unit (OBU), atau tiket perjalanan (road ticket) bagi sekali jalan.

Ekspedisi Energi 2022

Nah apabila Anda pemilik kendaraan ingin membayar tol pakai HP, langkah pertama adalah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Aplikasi electronic-on-board unit yang renacananya bernama Cantas bisa diunduh di Play Store atau App Store.

Selanjutnya Anda diminta mengisi data diri mulai dari nama, nomor handphone (HP), alamat e-mail, e-wallet yang akan digunakan. Setelah itu, akan muncul konfirmasi persetujuan registrasi tersebut.

Baca juga: Mau Beli HP Xiaomi, Ini Daftar Harga Terbaru Mei 2022

Setelah melakukan pengisian Anda akan mendapat persetujuan, dan bisa memilih menu, Car Registration dan mengisi data kendaraan seperti nomor plat kendaraan.

Kemudian kategori tol (nomor gardan), tipe mobil, lalu mengunggah foto mobil (foto pelat nomor depan dan belakang, serta foto bentuk kendaraan yang dimiliki), hingga foto dokumen STNK.

Setelah itu, pilih menu Payment Details dan pilih e-wallet yang digunakan. Setelah itu siap untuk melewati tol.

“Nantinya satelit akan mengenali ponsel Anda, dan uang di dompet elektronik [e-wallet] akan berkurang otomatis,” ujar Kepala Badang Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago