Diteliti UGM, Air Umbul Kroman Klaten Layak Langsung Dikonsumsi

Berdasarkan hasil kajian kerja sama Pemerintah Desa Mranggen dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, kandungan mineral sumber mata air di Umbul Kroman tinggi.
SHARE
Diteliti UGM, Air Umbul Kroman Klaten Layak Langsung Dikonsumsi
SOLOPOS.COM - Suasana kawasan Umbul Kroman, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten, Selasa (4/1/2022). Kawasan tersebut bakal dikembangkan menjadi objek wisata oleh pemerintah desa setempat. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENUmbul Kroman di Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten, tidak berlebihan jika disebut sebagai surga tersembunyi. Air dari Umbul Kroman disebut-sebut berkualitas dan layak untuk langsung dikonsumsi.

Kepala Desa (Kades) Mranggen, Miseran, mengatakan berdasarkan hasil kajian kerja sama pemerintah desa dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, kandungan mineral sumber mata air di Umbul Kroman tinggi.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Sadar memiliki potensi besar untuk dikembangkan, pemerintah desa setempat berencana menjadikan kawasan Umbul Kroman untuk objek wisata. Pengembangan dilakukan secara bertahap menyusul terbatasnya alokasi anggaran serta masih fokus pada penanganan dampak pandemi Covid-19.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Baca Juga: Umbul Kroman, Surga Tersembunyi di Desa Mranggen Klaten

Pada 2021, Pemerintah Desa Mranggen mulai menyicil melakukan penataan kawasan tersebut dengan membangun toilet serta ruang ganti dengan alokasi anggaran sekitar Rp50 juta. Tahun ini, pemerintah desa berencana membangun musala di dekat kawasan tersebut dengan alokasi anggaran Rp100 juta.

Miseran mengatakan ada rencana untuk memagari sumber utama di Umbul Kroman. Selain menjaga kebersihan sumber utama, pemagaran itu dilakukan agar air dari sumber utama bisa langsung dinikmati. Selain itu ada rencana pengembangan agrowisata. Hanya saja, rencana pengembangan itu tergantung alokasi anggaran pada keuangan desa.

Meski belum tertata untuk wisata, Umbul Kroman belakangan ramai dikunjungi. Saat akhir pekan, sekitar 250 orang mendatangi sumber mata air tersebut.

Baca Juga: Kisah Disabilitas Buka Angkringan: Omzet Meroket, Susah Bungkus Es Teh



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago