SOLOPOS.COM - Suasana kawasan Umbul Kroman, Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten, Selasa (4/1/2022). Kawasan tersebut bakal dikembangkan menjadi objek wisata oleh pemerintah desa setempat. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENUmbul Kroman di Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Klaten, tidak berlebihan jika disebut sebagai surga tersembunyi. Air dari Umbul Kroman disebut-sebut berkualitas dan layak untuk langsung dikonsumsi.

Kepala Desa (Kades) Mranggen, Miseran, mengatakan berdasarkan hasil kajian kerja sama pemerintah desa dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, kandungan mineral sumber mata air di Umbul Kroman tinggi.

Promosi Pegadaian Area Surabaya 2 Gelar Festival Ramadan 2024 di 2 Lokasi

Sadar memiliki potensi besar untuk dikembangkan, pemerintah desa setempat berencana menjadikan kawasan Umbul Kroman untuk objek wisata. Pengembangan dilakukan secara bertahap menyusul terbatasnya alokasi anggaran serta masih fokus pada penanganan dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Umbul Kroman, Surga Tersembunyi di Desa Mranggen Klaten

Pada 2021, Pemerintah Desa Mranggen mulai menyicil melakukan penataan kawasan tersebut dengan membangun toilet serta ruang ganti dengan alokasi anggaran sekitar Rp50 juta. Tahun ini, pemerintah desa berencana membangun musala di dekat kawasan tersebut dengan alokasi anggaran Rp100 juta.

Miseran mengatakan ada rencana untuk memagari sumber utama di Umbul Kroman. Selain menjaga kebersihan sumber utama, pemagaran itu dilakukan agar air dari sumber utama bisa langsung dinikmati. Selain itu ada rencana pengembangan agrowisata. Hanya saja, rencana pengembangan itu tergantung alokasi anggaran pada keuangan desa.

Meski belum tertata untuk wisata, Umbul Kroman belakangan ramai dikunjungi. Saat akhir pekan, sekitar 250 orang mendatangi sumber mata air tersebut.

Baca Juga: Kisah Disabilitas Buka Angkringan: Omzet Meroket, Susah Bungkus Es Teh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya