SOLOPOS.COM - Aktivitas pekerja menyelesaikan pemasangan bekisting badan abutment pada proyek pembangunan overpass Jl DI Pandjaitan, Solo, Selasa (8/2/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Progres pembangunan overpass di Jl DI Pandjaitan, Gilingan, Banjarsari, Solo, kini sudah mencapai 60,33%. Proyek tersebut ditargetkan selesai akhir Maret 2022 nanti.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah Area III, Albertus Dito, menyampaikan pada Senin (7/3/2022), progres pembangunan overpass sudah mencapai lebih dari 60%, tepatnya 60,33%.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Peninggian Overpass DI Pandjaitan Solo Sudah Separuh Jalan Lur

Ia menjelaskan pekerjaan yang dilakukan hari itu adalah retaining wall. “Untuk sisi selatan atau barat, cor foot RW [retaining wall] tinggi 4 meter. Sedangkan sisi utara atau barat cor LC RW tinggi 5 meter,” katanya, Selasa (8/3/2022).

Kemudian untuk tahapan pekerjaan selanjutnya pada overpass DI Pandjaitan Solo itu setelah menyelesaikan retaining wall selesai sisi utara dan selatan, yakni mulai melakukan penimbunan dengan material pasir dan batu.

Baca Juga: Peninggian Overpass DI Pandjaitan Solo, Pekerja Mulai Garap Abutment

Setelah itu, secara bertahap akan dilakukan pengerjaan lapisan fondasi agregat untuk jalan, pekerjaan trotoar overpass, pekerjaan aspal overpass, aspal untuk jalan, pekerjaan pagar expanded dan aksesori. Juga pekerjaan penyesuaian jalan lingkungan serta pekerjaan finishing.

Dito mengatakan pembangunan overpass tersebut ditargetkan selesai pada akhir Maret 2022. Kemudian pada April sudah mulai finishing.

Baca Juga: Proyek Peninggian Overpass, Jl DI Pandjaitan Solo Mulai Ditutup 6 Bulan

Seperti diketahui, overpass di Jl DI Pandjaitan, Gilingan, Solo, perlu ditinggikan, salah satunya untuk memberi akses bagi kereta rel listrik (KRL) yang akan beroperasi sampai Stasiun Palur di Karanganyar. Pekerjaan peninggian overpass itu dimulai pada 18 November 2021.

Jl DI Pandjaitan ditutup total untuk pekerjaan tersebut yang rencananya berlangsung kurang lebih enam bulan. Pemkot berharap pekerjaan peninggian overpass itu bisa selesai secepatnya agar jalurnya bisa dipakai untuk pengalihan arus saat rel layang di Simpang Joglo dibangun.

Baca Juga: On The Track, Hujan Tak Ganggu Pembangunan Overpass DI Pandjaitan Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya