SOLOPOS.COM - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kanan) mengunjungi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming (kiri) yang sedang beristirahat bersama kepala daerah dan wakil kepala daerah PDIP lainnya di barak Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022). (ANTARA/HO-PDIP)

Solopos.com, JAKARTA – Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi salah satu yang mencuat untuk berkompetisi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta tahun 2024.

Bagaimana respons Gibran? Putra sulung Presiden Jokowi itu mengatakan saat ini dirinya belum ada rencana maju di Pilgub DKI Jakarta.

Promosi Targetkan Pertumbuhan Kredit Double Digit, Prospek Saham BBRI Diramal Cerah

“Nggak, itu kan masih jauh,” kata Gibran seusai Salat Jumat di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2022).

Soal rencana maju pada Pilgub DKI Jakarta jika ditawarkan partai, Gibran hanya menjawab dengan kembali melontarkan pertanyaan.

“Ditawarkan siapa? Emangnya ditawarkan? Ya, kan masih lama,” ujarnya.

Baca Juga: Pilgub DKI Jakarta Adem Ayem, IHSG Bergerak Positif

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka harus membangun legacy, menunjukkan kapasitas kepemimpinannya sebelum maju di Pilgub Jakarta.

“Setiap pemimpin harus menunjukkan kapasitas kepemimpinannya. Istilahnya populernya harus membangun legacy, membagun kemajuan bagi wilayahnya. Di situlah setiap pemimpin mengalami ujian, termasuk Mas Gibran,” kata Hasto Kristiyanto kepada wartawan disela acara Pertemuan Kepala Daerah di Sekolah Partai DPP PDIP, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Begini Pengalaman Gibran Tidur di Barak Sekolah Partai PDIP

Tujuan dari membangun legacy tersebut, kata Hasto, agar Gibran ke depanya bisa menghadapi berbagai ujian di lapangan.

Sebab, dalam konteks politik, ada tahapan untuk memimpin, sehingga para kader yang dipercaya untuk maju dalam kontestasi politik bisa menegaskan komitmennya.

Dalam pertemuan ini, kata Hasto, para kepala daerah harus menegaskan komitmennya dan mengasah kemampuan kepemimpinannya, termasuk Gibran Rakabuming.

Baca Juga: Gibran Tidur di Barak Sekolah Partai PDIP, Hasto: Gimana Mas?

“Ujian-ujian di lapangan itu, pemimpin tersebut tetap kokoh, tetap berdisiplin, termasuk pada jalan kepartaian itu,” kata Hasto.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Wali Kota Gibran Bicara Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2024”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya