Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Ditangkap! Polisi Ringkus Satu Pelaku Penyerangan Desa di Jember

Polisi telah meringkus satu orang pelaku yang terlibat dalam penyerangan disertai pembakaran di Desa Mulyorejo, Kabupaten Jember.
SHARE
Ditangkap! Polisi Ringkus Satu Pelaku Penyerangan Desa di Jember
SOLOPOS.COM - Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo berbincang dengan salah satu warga yang rumahnya dibakar sekelompok orang di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kabupaten Jember, Kamis (4/8/2022). (Solopos.com-Antara/Humas Polres Jember)

Solopos.com, JEMBAR — Aparat Polres Jember menangkap satu pelaku yang diduga melakukan penyerangan dan pembakaran di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim). Pelaku saat ini pun masih ditahan di Mapolres Jember untuk memberikan keterangan terkait peristiwa pembakaran dan penyerangan desa di Jember yang dilakukan sejumlah orang.

“Kami sudah mendapat beberapa keterangan dari saksi-saksi di tempat kejadian perkara dan kami sudah mengamankan satu tersangka,” kata Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo, Jumat (6/8/2022).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Pelaku penyerangan dan pembakaran beberapa rumah warga di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kabupaten Jember itu, merupakan warga Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi. Hal itu pun membuat polisi terus melakukan pengembangan untuk mengetahui motif dari aksi pembakaran tersebut.

Menurutnya, peristiwa tersebut terjadi di beberapa titik dan salah satunya disebabkan karena ada konflik yang berkaitan masalah batas di lokasi perkebunan kopi. “Ada beberapa warga menempati area di lokasi itu. Posisi mereka di Pedukuhan Dampikrejo dan Patungrejo, hanya rumahnya berjauhan satu dengan yang lain. Mereka sedang memanen kopi,” tuturnya.

Ia mengatakan wilayah desa di Jember yang menjadi lokasi penyerangan dan pembakaran itu berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuwangi. Hal itu pun kerap menimbulkan ketegangan antarwarga terkait hasil tanaman kopi yang ada di kedua wilayah.

Baca juga: Mencekam! Desa di Jember Diserang, 7 Rumah Rusak & 25 Motor Dibakar

“Kejadian itu akumulasi persoalan selama bertahun-tahun dan baru muncul saat ini karena berdasarkan informasi yang ada bahwa konflik itu sudah terjadi sebelumnya,” katanya.

Sementara Kasi Humas Polres Jember, Iptu Brisan, mengatakan anggota Reskrim dan Intelkam Polres Jember telah menangkap satu orang yang diduga sebagai pelaku penyerangan dan pembakaran sejumlah rumah di Dusun Baban Timur, di Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember. Polres Jember juga telah mendirikan posko di lokasi kejadian sejak Jumat malam guna mengantisipasi peristiwa serupa kembali terjadi.

“Puluhan personel Brimob Polda Jatim mendirikan posko di lokasi pada Jumat malam sehingga diharapkan situasi di dua Pedukuhan Patungrejo dan Dampikrejo yang berada di Dusun Baban Timur segera kondusif,” ujarnya.

Baca juga: Warga Desa di Jember Diteror, Polisi Siagakan 1 Peleton Personel

Diberitakan sebelumnya, sekelompok orang tak dikenal melakukan penyerangan disertai perusakan dan pembakaran di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim). Dalam penyerangan itu, sejumlah rumah, mobil, dan puluhan sepeda motor dibakar.

Aksi penyerangan itu sudah terjadi tiga kali dalam sebulan terakhir yakni pada 3 Juli 2022, 30 Juli 2022, dan terakhir pada Rabu (3/8/2022).



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode