top ear
Ilustrasi computer assisted test (CAT) CPNS. (Solopos-M. Ferri Setiawan)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi computer assisted test (CAT) CPNS. (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Disusun Tim dari 22 PTN, Ini Kriteria Soal Tes SKD CPNS

Soal untuk tes CPNS dibikin oleh tim beranggotakan 100 orang.
Diterbitkan Selasa, 21/01/2020 - 11:33 WIB
oleh Solopos.com/Ria Theresia Situmorang-bisnis.com
2 menit baca

Solopos.com, JAKARTA -- Tim yang beranggotakan 100 orang dari konsorsium 22 Perguruan Tinggi Negeri menyusun soal-soal yang akan diujikan kepada para peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Ke- 22 perguruan tinggi negeri tersebut yakni Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Sumatra Utara, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Udayana, Universitas Syiah Kuala, Universitas Lampung, Universitas Jambi, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Islam Negeri Syarif Kasim.

Terdapat 8.500 butir soal usulan dari Kemendikbud yang terdiri tiga subtes, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Nantinya soal-soal ini akan dipilih oleh panitia untuk dapat digunakan dalam Seleksi CPNS 2019," ungkap Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na'im, dilansir bisnis.com, Selasa (21/1/2020).

Soal-soal tersebut disimpan dalam flash disk yang diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim kepada Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, disaksikan juga oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, pekan lalu.

Nadiem menjelaskan soal SKD CPNS 2019 dibuat agar dapat menjaring calon ASN yang berintegritas, berjiwa nasionalis, profesionalis, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta bahasa asing, memiliki jiwa keramahtamahan, memiliki kemampuan berjejaring, dan memiliki jiwa kewirausahaan.

"Kami melakukan penyusunan soal menggunakan aplikasi yang difasilitasi oleh BKN. Selanjutnya memastikan soal telah sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan benar oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan," urai Nadiem.

Pada bagian lain, Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo menyampaikan berdasarkan data saat ini, pengadaan CPNS 2019 menyediakan 154.029 formasi yang terdiri atas 37.584 formasi untuk instansi pusat dan sebanyak 116.445 formasi untuk instansi daerah.

Dari 4.197.218 calon peserta yang telah melakukan pendaftaran, hanya sebanyak 3.364.897 telah lolos verifikasi administrasi.

"Dari angka ini menunjukkan antusiasme dan perhatian masyarakat terkait rekrutmen CPNS ini sangat tinggi sekali," ungkap Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu dikutip dari siaran pers Kemendikbud.

Kompak Tolak Omnibus Law Cipta Kerja, DPR Tuding Kongkalikong Pengusaha-Pemerintah

Lebih lanjut dilaporkan, terdapat 8.500 butir soal usulan dari Kemendikbud yang terdiri tiga subtes, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Diberitakan, pelaksanaan SKD CPNS tahun anggaran 2019 dijadwalkan berlangsung mulai 27 Januari-28 Februari 2020. BKN telah menyiapkan sedikitnya 425 titik lokasi tes untuk seleksi tersebut.

 

Editor : Profile Rohmah Ermawati
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja

Iklan Baris

berita terkait