SOLOPOS.COM - ilustrasi

Harianjogja.com, CILACAP—Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak Maos, Cilacap, Jawa Tengah akan mengerahkan sedikitnya, 57 unit mobl tangki untuk distribusi BBM.

Kepala Pertamina Terminal BBM Maos Maryonon mengatakan, saat ini, jumlah armada mobil tangki yang dimiliki Terminal BBM Maos sebanyak 53 unit dengan total kapasitas 960 kiloliter.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Guna mengantisipasi kekurangan armada, kami mendapat tambahan empat mobil tangki dari Jakarta atau Balongan yang berkapasitas 24 kiloliter [total jumlah 57 tangki] dan 16 kiloliter, masing-masing dua unit,” katanya.
,Jumat (18/7/2014). Ia mengatakan jika ternyata jumlah tersebut masih kurang, Terminal BBM Maos akan menggunakan mobil tangki dengan pola sewa (on call carter).

Menurut dia, pihaknya juga menyiapkan 81 pasang awak mobil tangki (AMT) yang terdiri sopir dan kernet, serta sembilan pasang AMT cadangan.

“Selama masa mudik dan balik lebaran, kami beroperasi selama 24 jam untuk melayani penyaluran BBM ke 107 SPBU yang tersebar di tujuh kabupaten, yakni Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, dan sebagian Brebes,” katanya.

Lebih lanjut, dia memperkirakan penyaluran BBM jenis premium selama masa arus mudik dan balik lebaran meningkat sekitar 45 persen dari konsumsi rata-rata harian yang berkisar 1.535 kiloliter.

Sementara untuk solar, kata dia, konsumsi rata-rata harian dalam kondisi normal sekitar 670 kiloliter per hari.

“Kalau untuk penyaluran menggunakan jasa kereta api, tergantung permintaan dari Terminal BBM Tegal,” katanya.

Kendati demikian, dia mengakui bahwa saat ini pengiriman BBM dari Maos ke Tegal menggunakan jasa kereta api mengalami peningkatan.

Berdasarkan data PT Kereta Api Indonsia Daerah Operasi V Purwokerto, saat ini ada empat perjalanan KA BBM rute Maos-Tegal atau bertambah dari sebelumnya yang sebanyak tiga rangkaian KA BBM setiap hari.

Dengan demikian, BBM yang dikirim dari Maos ke Tegal mencapai 2.100 kiloliter per hari atau meningkat sekitar 30% dari sebelumnya yang sebanyak 1.600 kiloliter per hari. (JIBI/SOLOPOS/Ant)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya