SOLOPOS.COM - Kawasan Wisata Gunung Kemukus dengan wajah baru setelah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Foto diambil baru-baru ini. (Istimewa/I Yusep Wahyudi)

Solopos.com SRAGEN — Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sragen mengenalkan tiga paket wisata bertajuk paket Sinau Wisata Sragen Keren yang bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan di Bumi Sukowati. Dispora siap berkolaborasi dengan semua pihak untuk mempromosikan objek wisata di Sragen.

Dari tiga paket wisata itu, masing-masing terdapat kunjungan wisata ke Negeri Dongeng. Kawasan wisata Negeri Dongeng yang dimaksud meliputi Gunung Kemukus, Pulau Emas, Karamba Apung, Makam Apung, Boyolayar dan Warung Apung di Waduk Kedung Ombo (WKO). Kawasan wisata ini erat kaitannya dengan cerita rakyat semacam dongeng yang berkembang di masyarakat setempat secara turun temurun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dispora Sragen, Yuniarti, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (7/10/2022), menerangkan paket Sinau Wisata Sragen Keren itu merupakan paket wisata yang mengandung unsur heritage (sejarah), ecotourism (ekowisata agro), batik, agriculture (pertanian), dan tourist atraction (atraksi seni budaya) yang disingkat HEBAT. Semua potensi HEBAT tersebut, kata Yuni, ada di Kabupaten Sragen.

“Paket ini dapat dipilih sekolah-sekolah saat outing class di wilayah Kabupaten Sragen atau pun sekolah-sekolah di luar Kabupaten Sragen. Kami membaginya dalam tiga paket wisata, yakni paket A, B, dan C dengan tujuan wisata berbeda-beda dan merupakan paket wisata satu hari (full day tour),” ujar Yuni.

Dia menerangkan paket wisata itu sudah dipaparkan ke Bupati dengan tujuan mengenalkan objek-objek wisata ke para generasi muda, terutama pelajar. Dispora membuat paket itu hanya sebagai informasi, sementara eksekusinya diserahkan kepada masing-masing biro perjalanan wisata. Dia mengakui banyak yang tertarik untuk menjajal paket wisata ini. Ada SMPN 5 Sragen dan SMP di Sambirejo sudah menjajal paket wisata itu.

Baca Juga: Juara Lomba Krenova 2022 akan Diseleksi Lagi untuk Mendapat Pendanaan

“Dalam paket wisata itu ada unsur HEBAT yang diunggulkan. Jadi pengunjung ikut terlibat dalam atraksi wisatanya. Kami terinspirasi di Bandung yang melibatkan pengunjung bermain angklung. Di Sragen itu ada di nDayu Park yang mengenalkan gamelan dan pengunjung bisa praktik menabuh gamelan dalam waktu singkat,” ujarnya.

Dia mengatakan tren kunjungan wisata di Sragen cenderung naik. Dispora berkolaborasi dengan pihak mana pun untuk menggencarkan promosi wisata. Termasuk adanya kegiatan Sukowati Wisata Motor Rally 2022 itu, kata dia, juga didukung Dispora. Dia berharap para peserta kegiatan itu bisa memotret atau membuat video di tempat wisata dan mengunggahnya ke media sosial. Hal itu menjadi salah satu promosi wisata di Sragen.

“Untuk promosi kami juga bergabung dalam forum Soloraya. Di forum itu, kami bisa sharing-sharing dengan pelaku pariwisata di Soloraya. Selain itu, kami juga berkerjasama dengan Badan Otorita Borobudur untuk pengenalan objek wisata. Bahkan para pegawai di Dispora pun mengenalkan objek wisata lewat akun media sosial masing-masiang,” katanya.

Baca Juga: Guru dan Seniman Sragen bakal Perkenalkan Eksotis Kemukus di Javanologi UNS

Berikut daftar paket wisata yang bisa ditawarkan para biro perjalanan wisata.

Daftar Paket Wisata di Kabupaten Sragen

  1. Paket Sinau Wisata Sragen A (Full Day Tour)
  • Wisata Belajar Membatik (Kliwonan/ Pilang/ Pungsari)
  • Kawasan Wisata Sangiran (Klaster Ngebung Klaster Bukuran Klaster Krikilan)
  • Kawasan Wisata Negeri Dongeng Sragen (Gunung Kemukus, Pulau Emas, Karamba Apung. Makam Apung. Boyolayar, Warung Apung)
  • Durasi : 08.00 WIB – 16.00 WIB
  1. Paket Sinau Wisata Sragen B (Full Day Tour)
  • Wisata Belajar Gamelan Jawa, Menari, Bernyanyi (ndayu Park & Kampung Sukorejo Menari)
  • Kawasan Wisata Sangiran (Klaster Krikilan/Klaster Ngebung/Klaster Bukuran)
  • Kawasan Wisata Negeri Dongeng Sragen (Gunung Kemukus, Pulau Emas, Karamba Apung, Makam Apung, Boyolayar, Warung Apung)
  • Durasi : 08.00 WIB – 16.00 WIB
  1. Paket Sinau Wisata Sragen C (Full Day Tour)
  • Kawasan Wisata Sangiran (Klaster Krikilan / Klaster Ngebung/Klaster Bukuran)
  • Wisata Belajar Gamelan Jawa, Menari, Bernyanyi (ndayu Park & Kampung Sukorejo Menari)
  • Kawasan Wisata Bayanan (Air Panas Bayanan Air Panas Ngunut, Desa Wisata Betis Rejo)
  • Durasi : 08.00 WIB – 16.00 WIB

Sumber: Dispora Sragen (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya