SOLOPOS.COM - Papan pemberitahuan kepada pengendara untuk berhati-hati terpasang di area proyek revitalisasi Jembatan Mojo, Solo, Kamis (18/8/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo mengungkapkan penutupan Jembatan Mojo untuk proyek perbaikan diundur jadi 3 Oktober 2022 sampai 30 November 2022.

Hal itu sesuai dengan hasil rapat dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Kamis (1/9/2022). Kepala Dishub Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan sesuai hasil rapat di Ssolo itu, penutupan Jembatan Mojo akan dilakukan pada 20 September-30 November.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Hasil rapat pembangunan Jembatan Mojo di DPUPR Solo,  Kamis (1/9/2022), ada perubahan. Pembangunan jembatan dilaksanakan dengan menutup total akses jembatan. Penutupan jembatan dilaksanakan mulai 3 Oktober sampai dengan 30 November 2022, kurang lebih dua bulan,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (4/9/2022).

Penutupan Jembatan Mojo yang menghubungkan wilayah Pasar Kliwon, Solo, dengan Mojolaban, Sukoharjo, itu demi keselamatan dan keamanan pengguna jalan dan pekerja proyek perbaikan jembatan.

Sementara itu Camat Mojolaban, Sukoharjo, Joko Windarto meminta adanya sosialisasi kepada warga. Sosialisasi itu baik secara tertulis atau melalui pertemuan resmi. Hal itu mengingat penutupan jembatan itu akan berdampak setidaknya di dua kecamatan yaitu Mojolaban dan Polokarto.

Baca Juga: Jembatan Jurug dan Mojo Ditutup Bareng, DPRD Solo Minta Pengertian Warga

“Kabar terbaru, perbaikan jalan memang akan dilakukan pada 3 Oktober 2022. Tetapi kami masih menunggu surat resmi termasuk sosialisasi rekayasa lalu lintas nantinya,” jelas Joko kepada Solopos.com, Minggu.

Sebelumnya, akun Instagram Dishub Sukoharjo @dishubsukoharjo mengunggah informasi penutupan Jembatan Mojo akan dilakukan pada Senin (5/9/2022). Dishub menyebut informasi itu berdasarkan surat dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta Nomor PU.08/4711/VII/2022 tanggal 11 Juli 2022.

“Disampaikan bahwa akan dilakukan pembongkaran pelat lantai jembatan mojo pada tanggal 5 September – 6 November 2022 (dapat dipercepat dengan memulai pembongkaran pada pertengahan Agustus sampai dengan akhir Oktober),” tulis ulasan pada akun tersebut.

Baca Juga: Jembatan Mojo Solo Kerap Bergetar, Bantalan Karetnya Belum Pernah Diganti

Ditutup Total

Selain itu, akan dilakukan perubahan rute bus Batik Solo Trans (BST) Koridor 5. Rute itu berubah dari arah  Solo dialihkan menuju Telukan ke arah Ngombakan lanjut ke Bekonang dan melaju ke Sidan. Begitu pun sebaliknya.

Ada pula informasi saat perbaikan jembatan itu separuh lajur jembatan bisa dilewati kendaraan roda dua baik dari arah timur maupun barat. Namun, setelah dilakukan pengkajian secara mendalam, Jembatan Mojo bakal ditutup total selama pengerjaan pemasangan pelat lantai jembatan.

“Target kami penutupan Jembatan Mojo dilakukan pada 20 September-30 November. Kurang lebih sekitar dua bulan. Akhir kontrak kerja sama kontraktor pelaksana pada awal Desember. Nantinya, awal Desember, jembatan bisa kembali dibuka untuk pengguna jalan,” kata Kabid Bina Marga DPUPR Solo, Joko Supriyanto, kepada Solopos.com, Minggu (28/8/2022).

Baca Juga: Jembatan Jurug B Solo Ditutup Mulai 18 September, 2 Jalur Alternatif Disiapkan

Joko menyebut apabila separuh lajur jembatan dibuka hanya menyisakan sekitar 3,4 meter yang dilewati sepeda motor dari dua arah. Kondisi ini rawan terjadi kecelakaan saat para pekerja hilir mudik mengerjakan pemasangan lantai panel ortotropik.

Selain itu, struktur pelat lantai jembatan yang lama dikhwatirkan tidak kuat menahan beban kendaraan bermotor setiap hari. “Saat ini, kontraktor pelaksana tengah merampungkan pekerjaan merakit pelat ortotropik baja di Bekasi, Jawa Barat. Setelah rampung, langsung dipasang di jembatan pada akhir September,” ujarnya.

Sementara itu, menurut informasi di akun Instagram Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka @gibran_rakabuming, Sabtu (3/9/2022), penutupan Jembatan Mojo dijadwalkan 20 September-30 November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya