top ear
Dishub Kota Solo melakukan simulasi putar balik menggunakan bus low entry untuk integrasi layanan BST dengan layanan kerata api di kawasan Purwosari, Solo, Senin (9/11/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)
  • SOLOPOS.COM
    Dishub Kota Solo melakukan simulasi putar balik menggunakan bus low entry untuk integrasi layanan BST dengan layanan kerata api di kawasan Purwosari, Solo, Senin (9/11/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Dishub Solo Uji Coba BST Putar Balik Di Kawasan Flyover Purwosari

Dinas Perhubungan Kota Solo menguji coba U-turn atau putar balik bus low entry untuk BST di kawasan flyover Purwosari.
Diterbitkan Senin, 9/11/2020 - 20:38 WIB
oleh Solopos.com/Wahyu Prakoso
2 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo melakukan simulasi U-turn atau putar balik bus low entry untuk BST di kawasan flyover Purwosari, Senin (9/11/2020).

Dishub Kota Solo berencana mengoperasikan layanan bus Batik Solo Trans (BST) koridor 1 dan koridor 2 melalui kawasan itu pada awal Desember.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, bus model low entry melakukan perjalanan dari halaman kantor PT Wijaya Karya atau pelaksana proyek flyover Purwosari menuju barat kemudian berputar balik di depan Stasiun Purwosari.

7 Pasien Positif Covid-19 Sukoharjo Meninggal Dalam Sepekan, Total 63 Kasus Kematian

Setelah itu, bus untuk BST Solo itu menuju arah timur kemudian melakukan u-turn atau putar balik di simpang empat Purwosari mengarah ke flyover. Bus dapat putar balik dengan lancar melalui jalur lambat tapi tidak cukup ruang untuk melakukan putar balik pada jalur cepat.

Kepala Dishub Kota Solo, Hari Prihatno, menjelaskan kawasan Purwosari merupakan lokasi krusial untuk simulasi kendaraan yang akan melintasi jalan layang. Hal itu terutama untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di Stasiun Purwosari.

"Dari timur ke barat kalau butuh [menaik-turunkan penumpang] di Purwosari harus U-turn. Kalau disepakati [pemberhentian bus] di Stasiun Purwosari dari barat saja maka yang dari timur langsung lewat atas [jalan layang]," katanya.

Haul Habib Ali Tahun Ini Ditiadakan, Begini Penjelasan Tokoh Masyarakat Pasar Kliwon Solo

Persiapan

Ia menjelaskan Dishub Kota Solo baru menyiapkan pilihan sebelum menentukan jalur BST untuk kawasan flyover Purwosari. Termasuk opsi Jl Radjiman untuk putar balik BST yang masih dalam tahap kajian.

"Kami kaji penumpang bus paling banyak dari mana? Kalau dari arah barat dan enggak bisa U-turn [di simpang empat Purwosari] maka putar lewat Jl Radjiman. Ini semua masih opsi," katanya.

Hari mengaku belum mengetahui progres persiapan bus secara detail. Namun, Dishub Kota Solo berharap layanan bus BST Koridor 1 dan koridor 2 beroperasi awal bulan depan.

Ada Kasus Covid-19, Kantin Balai Kota Solo Lockdown Sepekan

"Koridor satu pakai bus low entry. Koridor dua pakai model medium. Lebih kecil daripada low entry," ungkapnya.

Menurut Hari, Dishub Kota Solo sudah memiliki opsi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) kawasan Purwosari. Sosialiasi ke masyarakat masih menunggu hasil paparan MRLL kepada Wali Kota Solo.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Muhammad Taufiq, mengatakan layanan bus BST akan terintegrasi dengan layanan kereta api. Dishub Kota Solo sedang melakukan simulasi layanan bus di kawasan Purwosari.


Editor : Profile Suharsih
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
DataUtama

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini