SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan pemasangan paving blok di halaman Pasar Legi Solo, Jumat (5/11/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pembangunan Pasar Legi yang ditargetkan selesai dan diserahkan ke Pemkot Solo pada akhir November 2021 ini akan berdampak pada perubahan jalur sirkulasi kendaraan, baik yang keluar masuk pasar maupun lalu lintas di sekitar pasar.

Terkait itu, Dinas Perhubungan Solo pun mulai mempersiapkan pengaturan atau manajemen rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan dan kemacetan di kawasan sekitar pasar. Namun untuk pengaturan lalu lintas tersebut, saat ini Dinas Perhubungan Solo masih menunggu koordinasi lebih lanjut dengan pihak terkait.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Dinas Perhubungan Solo, Hari Prihatno, mengatakan telah menyiapkan sejumlah rambu-rambu lalu lintas untuk kawasan sekitar Pasar Legi Solo. Namun untuk pemasangannya menunggu penyerahan bangunan pasar tersebut kepada Pemerintah Kota Solo.

Baca Juga: Gibran: Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Solo Dimulai Tahun Depan

Ia mengatakan akan mengkaji lebih lanjut terkait penataan lalu lintas kendaraan di lingkungan pasar tersebut. “Kami kaji dulu, karena belum jadi [pasarnya]. Nanti akan kami bahas lebih lanjut. Rambu-rambu juga sudah kami siapkan tapi belum dipasang karena belum ada penyerahan. Termasuk markah dan sebagainya,” katanya kepada Solopos.com, Jumat.

Penataan Pasar

Hari juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan terkait dengan penataan pasar secara keseluruhan. “Untuk MRLL [manajemen rekayasa lalu lintas] kami diskusikan dengan pihak terkait,” katanya.

Tidak hanya lalu lintas di dalam Pasar Legi Solo, kajian juga akan menyasar penataan lalu lintas di jalur-jalur yang terdampak lainnya. Hal senada disampaikan Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra.

Baca Juga: Pasar Legi Solo Dilengkapi 4 Akses Keluar Masuk Kendaraan, Mana Saja?

“Pasar Legi memang saat ini yang kami bicarakan dengan Dishub [Dinas Perhubungan] itu mengenai arus keluar masuknya [kendaraan]. Tapi belum ada. Kemungkinan di awal Desember. Nanti akan kami tindaklanjuti kembali,” katanya.

Penyerahan bangunan pasar baru Pasar Legi dari kontraktor ke Pemkot Solo direncanakan akhir November ini. Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi, mengatakan setelah penyerahan proyek akan langsung memetakan kios dan los.

Selain itu juga penerbitan surat hak penempatan (SHP) kios pasar tradisional serta penataan pasar. Penataan di antaranya memasang papan petunjuk, memasang meja dan kursi, serta membagi zonasi pedagang sesuai jenis barang dagangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya