Dishub Solo Jajaki Wonogiri Dan Karanganyar Untuk Bus Wisata Edukasi

Dishub Solo menjajaki potensi wisata di Wonogiri dan Karanganyar untuk destinasi layanan bus trip wisata edukasi yang baru saja diluncurkan.
SHARE
Dishub Solo Jajaki Wonogiri Dan Karanganyar Untuk Bus Wisata Edukasi
SOLOPOS.COM - Suasana peresmian layanan bus trip wisata edukasi Soloraya di Kantor Dishub Solo, Senin (16/5/2022). (Istimewa/Dinas Perhubungan Solo)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo berencana memperluas jangkauan layanan bus trip wisata edukasi Soloraya. Tidak hanya ke Sukoharjo tapi juga destinasi wisata di Wonogiri dan Karanganyar.

Hal itu disampaikan Kepala UPT Transportasi Dishub Solo, Agus Purnomo, saat berbincang dengan Solopos.com di halaman Kantor Dishub Solo seusai peresmian layanan bus trip wisata edukasi, Senin (16/5/2022) pagi. “Kami akan cek mana-mana saja yang layak untuk didatangi. Ini sedang kami jajaki,” katanya.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Ia mengatakan akan mempertimbangkan sejumlah lokasi namun masih perlu tahap survei lokasi, antara lain sentra obat dan teh di Kemuning, Karanganyar.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Menurutnya, banyak potensi wisata Soloraya yang bisa digali dan dikunjungi menggunakan layanan bus wisata edukasi yang baru saja diluncurkan Dishub Solo itu. Di satu sisi, belum ada biro wisata di Solo yang memiliki bus.

“Dishub memiliki gagasan, Solo ini banyak biro namun mendatangkan bus dari luar. Solo enggak ada bus pariwisata. Ini kesempatan kami untuk mencari celah dengan memanfaatkan aset,” jelasnya.

Baca Juga: Bus Wisata Edukasi Solo Diluncurkan, Ada Paket ke Sentra Ciu Bekonang

Dia mengatakan Dishub Kota Solo memiliki sekitar 40 unit bus dari Batik Solo Trans (BST) yang dipakai sampai tahun ini. Sementara operator BST akan mendapatkan armada baru dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Hari Prihatno, menjelaskan Dishub telah memiliki penawaran tiga daerah untuk trip menggunakan bus wisata edukasi di Soloraya. Tiga daerah tersebut, yakni Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten.

“Kami masih akan menjajaki Wonogiri. Sambil kami persiapan tambahan armadanya,” paparnya. Hari mengatakan ada sejumlah permintaan ke Pantai Parangtritis, Bantul, namun dinasnya masih melayani trip jarak dekat,” ujarnya.

Baca Juga: Wah! TPA Sampah Putri Cempo Solo Disiapkan Jadi Tempat Wisata Edukasi

Sebelumnya disebutkan salah satu tujuan atau destinasi yang disasar bus wisata ini adalah sentra industri etanol atau ciu di wilayah Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo. Selain ada pula beberapa objek wisata di Klaten.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago