SOLOPOS.COM - Pengendara mobil dan sepeda motor melintasi flyover Purwosari, Senin (13/6/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polresta Solo membantah minimnya lampu penerangan menjadi penyebab tabrakan beruntun empat mobil di flyover Purwosari, Jumat (10/6/2022) malam lalu.

Seperti diberitakan, empat mobil terlibat tabrakan beruntun di flyover Purwosari. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun dua orang dilarikan ke rumah sakit.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Satu di antaranya pengemudi salah satu mobil yang terlibat kecelakaan. Perempuan yang sedang hamil itu mengalami shock sehingga dilarikan ke RS JIH Solo.

Sedangkan satu orang lagi seorang pria paruh baya yang mengalami luka di kaki. Sejumlah warganet menyoroti minimnya lampu penerangan di flyover Purwosari Solo saat mengomentari unggahan ihwal kasus kecelakaan itu di akun Instagram @info.cegatan.solo.

Dimintai tanggapannya mengenai hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Hari Prihatno, menegaskan alat penerangan di flyover Purwosari bukanlah hal yang memicu tabrakan empat mobil tersebut.

Baca Juga: Buntut Tabrakan 4 Mobil, Penerangan Flyover Purwosari Solo Jadi Sorotan

Menurut Hari, kecelakaan itu terjadi karena pengguna jalan yang kurang berhati-hati. Menurut Hari, jika memang penambahan lampu penerangan di sepanjang flyover diperlukan, tentunya hal tersebut menjadi kewenangan dari DPUPR.

“Untuk penambahan lampu itu sudah menjadi kewenangan dari DPUPR, tetapi yang perlu diperhatikan di sini yaitu kehati-hatian pengguna jalan,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Senin (13/6/2022).

Dua Kali Kecelakaan

Hari mengatakan kecelakaan lalu lintas di flyover Purwosari tidak pernah memakan korban jiwa, termasuk tabrakan empat mobil pada Jumat malam lalu.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo, menambahkan kecelakaan lalu lintas di flyover Purwosari sejauh ini hanya terjadi dua kali.

Baca Juga: Terungkap! Ini Penyebab Tabrakan 4 Mobil di Flyover Purwosari Solo

“Jarang terjadi lakalantas. Sejauh ini pantauan kami hanya dua, Karena kemarin melibatkan mobil dan pernah sepeda onthel versus sepeda motor. Rata-rata karena perilaku atau pelanggaran lalu lintas,” ucapnya kepada Solopos.com.

Berdasarkan laporan kepolisian, tabrakan beruntun di flyover Purwosari, Solo, itu terjadi akibat pengendara salah satu mobil, yakni minibus Elf diduga tidak memperhatikan situasi lalu lintas. Mobil Elf itu menabrak bagian belakang mobil Grand Livina di depannya.

Grand Livina terdorong maju dan menabrak Isuzu Panther dan Isuzu Panther menabrak Toyota Avanza. Mobil Grand Livina mengalami kerusakan paling parah.

Senada dengan Dishub, Satlantas Polresta Solo juga menegaskan tabrakan beruntun di flyover Purwosari, Jumat malam lalu, bukan karena minimnya penerangan.

Baca Juga: Tabrakan Beruntun di Flyover Purwosari Solo, Ada Ibu Hamil Jadi Korban

Menghindari Orang Jatuh

Kepala Unit (Kanit) Penegakkan Hukum (Gakkum) Satlantas Polresta Solo, Iptu Suharto mengatakan tabrakan di flyover Purwosari dikarenakan pengendara menghindari kendaraan yang terjatuh di depannya.

“Kalau menurut saya penyebab kecelakaan bukan karena penerangan, karena kendaraan yang paling depan itu kan ngerem menghindari orang di depan itu kan jatuh. Ngerem sehingga yang belakang menabrak, ada kendaraan di belakangngnya nabrak, tiga, empat kendaraan,” ucapnya kepada Solopos.com.

Dalam kecelakaan di Flyover Purwosari, menurut Iptu Suharto, hanya mengalami kerugian material. “Tidak ada korban jiwa, luka ringan tidak ada, luka berat tidak ada, apalagi meninggal dunia, tidak ada, hanya material,” tambahnya, Senin (13/6/2022).

Baca Juga: Kronologi Tabrakan Beruntun 4 Mobil di Flyover Purwosari Solo

Hingga saat itu, kata Iptu Suharto kondisi lalu lintas di Flyover Purwosari aman karena didukung infrastruktur jalan lebar yang diharapkan meminimalkan terjadinya laka.

“Sampai saat ini flyover tidak ada, aman-aman saja, korban kecelakaan juga tidak ada. Mudah-mudahan tidak ada, aman terkendali, jalannya lebar, penerangannya juga cukup kalau menurut saya. Malam juga terang,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya