SOLOPOS.COM - Hikmah (kanan) saat mengikuti ujian Yudisium gelar Doktor yang diselenggarakan di Ruang Probowinoto Gedung G UKSW. (Istimewa/Humas UKSW)

Solopos.com, SALATIGA–Disertasi yang berjudul Model Kepatuhan Pajak Berbasis Theory of Planned Behavior, Norma Sosial dan Mental Accounting (Studi Empiris UKM di Jawa Tengah), mengantarkan Hikmah menyandang gelar Doktor Manajemen dari Program Studi Doktor Manajemen (DM) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Tidak hanya itu ia juga berhasil meraih nilai sempurna dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4.00.

Hikmah mengikuti Yudisium yang diselenggarakan di Ruang Probowinoto Gedung G UKSW, Senin (31/10/2022).

Yudisium yang dipimpin Dekan FEB Roos Kities Andadari, Hikmah menyampaikan pemaparan disertasinya di hadapan para penguji Apriani Dorkas Rambu Atahau, Usil Sis Sucahyo, dan Maria Rio Rita.

Menurut Hikmah, yang juga Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas 17 Agustus (Untag) Semarang ini, kepatuhan pajak di kalangan Usaha Kecil Menengah (UMKM) masih rendah, walaupun setiap tahun mengalami peningkatan, namun persentasenya masih sangat kecil.

“Penelitian ini untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh sikap atas kepatuhan pajak,” ungkapnya dilansir dari rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (3/11/2022).

Dijelaskan Hikmah, penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan terkait upaya meningkatkan kepatuhan pajak yang dilakukan oleh pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Pajak.

“Selain itu, penelitian ini juga memiliki implikasi yang ditujukan kepada pemilik UMKM dalam rangka meningkatkan kesadaran akan kewajiban perpajakan,” jelas dia.

Dalam melakukan penelitiannya, Hikmah yang dipromotori oleh Supramono, mengambil responden pemilik UMKM yang tersebar pada 8 kabupaten dan 3 kota di Jawa Tengah dengan menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB), norma-norma sosial dalam masyarakat dan Mental Accounting.

Dari hasil studi empiris menunjukkan bukti bahwa sikap atas kepatuhan pajak, norma injungtif, norma subyektif, norma personal dan kinerja keuangan menentukan niat untuk patuh pajak pada UKM berbadan hukum di Provinsi Jawa Tengah.

“Pemilik UKM berkeinginan untuk melakukan perilaku kepatuhan pajak sesuai peraturan yang berlaku dan memiliki kinerja keuangan yang tinggi, maka dapat meningkatkan perilaku kepatuhan pajak,” ungkap ibu dua anak yang salah satu penelitiannya pernah dimuat di Journal of Asian Finance, Economics and Business ini.

Rektor Untag Suparno yang turut hadir bersama Wakil Rektor 1 Emiliana Sri Pujiarti, dan Wakil Rektor 2 Giyah Yuliari, mengungkapkan bahwa kini tiga dari lima dosen Untag yang melanjutkan studi di UKSW telah lulus.

“Untag dan UKSW mempunyai kedekatan secara khusus. Untag dan UKSW dapat bersama-sama mewujudkan Indonesia lebih baik. Terima kasih UKSW, karena dosen kami telah dididik dan dibina,” jelas dia.

Ketua Prodi DM FEB UKSW Lieli Suharti, menyebut bahwa Hikmah merupakan lulusan ke-51.

Hingga saat ini, terhitung masih ada 75 mahasiswa Prodi DM yang masih aktif berkuliah. Lebih lanjut, Lieli menyebut bahwa saat ini Prodi DM banyak mengembangkan topik penelitian yang unik yang dikaitkan dengan kearifan lokal.

“Diharapkan para mahasiswa dapat melihat sesuatu yang unik dari daerah asal masing-masing dan dapat mengembangkan daerahnya dengan nilai kearifan lokal,” kata dia.

Lieli menambahkan saat ini ditunjang dengan 16 dosen dengan 8 dosen yang bergelar guru besar, Prodi DM memperkuat diri dengan jadwal bimbingan terstruktur, sehingga para mahasiswa dapat lulus tepat waktu.

Sedangkan crash program yang mempertemukan pembimbing serta mahasiswa untuk mengatur timeline dan follow up progress masih terus dilakukan.

Rekomendasi
Berita Lainnya