SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo (Mutuharjo) bekerja sama dengan LPK Jaya Indonesia Berkarya (JIB) Bekasi Jawa Barat melaksanakan tes wawancara Program Magang Jepang di Ruang Podcast SMK Mutuharjo, Kamis (17/11/2022).

SMK Mutuharjo menfasilitasi bagi alumni maupun nonalumni yang ingin bekerja ke Jepang didukung  dengan  relasi LPK di perusahaan-perusahaan besar Jepang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Program magang ke Jepang yang diselenggarakan menyedot animo tinggi dari masyarakat. Program ini diharapkan memudahkan bagi lulusan yang ingin bekerja di Jepang.

Waka Humas Dudi SMK Mutuharjo, Ahmad Sigit Riswanto, M.Pd mengatakan, “Tes wawancara dengan perusahaan Jepang ini sebagai bentuk kepedulian sekolah dalam ikut mengantarkan serta memudahkan semua lapisan masyarakat yang ingin bekerja di Jepang. Di samping itu juga membantu pemerintah dalam mengurangi menekan angka pengangguran.”

Peserta tes berasal dari wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sekitarnya. Tes wawancara dilakukan daring ( menggunakan Zoom) dengan Meinsetsu dari HRD PT. NOK. Co. Ltd Japan secara langsung. PT. NOK. Co. Ltd Japan merupakan salah satu perusahaan manufacturing terbesar di Jepang.

Baca Juga: Meriah! Market Day SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Pacu Semangat Entreprenuer Siswa

Setelah peserta dinyatakan lolos tes wawancara maka akan berlanjut tes MCU, kemudian mengikuti pelatihan bahasa dan budaya Jepang selama 3 bulan. Setelah itu proses administrasi pemberangkatan ke Jepang.

Saat ini SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo juga memiliki ekstrakulikuler Program Khusus Bahasa Jepang, Siswa dapat belajar Bahasa Jepang mulai duduk di bangku kelas X.

Materi yang diajarkan merupakan materi standar yang diberikan oleh LPK Bahasa Jepang secara umum. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan siswa mengenal bahasa dan budaya Jepang sejak dini.

Konten ini merupakan user generated content atau UGC kiriman sekolah. Sekolah Anda bisa menjadi bagian dari UGC di Solopos.com dengan cara klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya