Diserbu KKB Saat Ambil Air, 1 Tentara Gugur

Anggota TNI ditembaki KKB saat sedang mengambil air di bak penampungan pada pukul 13.45 WIT.
Diserbu KKB Saat Ambil Air, 1 Tentara Gugur
SOLOPOS.COM - Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali melakukan penyerangan anggota Pos Koramil Persiapan Distrik Suru-Suru Kabupaten Yahukimo, Papua, Jumat (3/12/2021). Dalam peristiwa ini, dua prajurit TNI yang bertugas tertembak, salah satunya gugur. (Istimewa/Okezone)

Solopos.com, YAHUKIMO — Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali melakukan penyerangan anggota Pos Koramil Persiapan Distrik Suru-Suru Kabupaten Yahukimo, Papua, Jumat (3/12/2021). Dalam peristiwa ini, dua prajurit TNI yang bertugas tertembak, salah satunya gugur.

PromosiSemiotika di Balik Foto Wanita Cantik dan Kata Menggelitik di Bak Truk

Anggota TNI ditembaki KKB saat sedang mengambil air di bak penampungan pada pukul 13.45 WIT. “Informasinya kejadian sekitar pukul pukul 13.45 WIT. Personel Apter Pos Koramil Persiapan Distrik Suru-suru atas nama Serda Putra Rahaldi dan Praka Suheri sedang mengambil air di bak penampungan,” tulis laporan yang diterima Okezone, Jumat (3/12/2021).

Saat peristiwa tersebut, terdengar suara tembakan dari arah barat Koramil Suru-Suru. Tembakan tersebut mengenai kedua prajurit.

Dalam kejadian itu, Serda Putra Rahaldi dilaporkan meninggal dunia dan Praka Suheri luka tembak pada bagian pinggul sebelah kiri oleh KKB.

Penyerangan kepada tentara juga terjadi pada 20 November 2021. Saat itu KKB menyerang Koramil Suru-suru yang menyebabkan satu tentara asal Kendal, Jawa Tengah, Sertu Ari Baskoro tewas.

Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf. Cristian Irreuw menyatakan pelaku penyerangan adalah KKB pimpinan Tendius Gwijangge.

Menurut Dandim, sudah ada informasi KKB akan melakukan penyerangan terhadap kodim dan pos-pos TNI sehingga pihaknya memerintahkan kepada personel untuk bersiaga dan meningkatkan patroli.

Baca Juga: Tentara yang Tewas Diserang KKB di Papua asal Kendal 

“Aksi itu diduga dilakukan jelang 1 Desember 2021 yang dijadikan sebagai ulang tahun Papua Merdeka,” kata Dandim Yahukimo Letkol Inf. Irreuw kepada Antara, Minggu (21/11/2021).

Ketika dihubungi dari Jayapura, Letkol Inf. Irreuw mengaku belum ada laporan lengkap tentang kronologi tertembaknya dua prajurit yang menyebabkan salah seorang di antaranya gugur, kemarin.

Berdasarkan informasi, pada Sabtu pukul 06.00 WIT, KKB menyerang dan menembaki Koramil Suru-suru yang merupakan koramil persiapan. Baku tembak, kata Irreuw, terjadi hingga pukul 12.00 WIT.

“Jumlah KKB cukup banyak. Namun, berapa perkuatan belum diketahui pasti,” kata Letkol Inf. Irreuw.

Dua prajurit, termasuk seorang di antaranya yang gugur pada hari Minggu (21/11/2021) dievakuasi dengan pesawat milik Semuwa Air dari Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo ke Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Dijelaskan pula bahwa setelah tiba di Bandara Sentani, jenazah Sertu Ari Baskoro diterbangkan ke Surabaya, selanjutnya ke kampung halamannya di Kendal, Jawa Tengah.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago