SOLOPOS.COM - Para biksu melakukan doa penyakralan api dharma di depan altar di Halaman Candi Mendut Kabupaten Magelang. ANTARA/Anis Efizudin

Solopos.com, MAGELANG — Api Dharma Waisak 2566 Budhist Era (BE) yang diambil dari Sumber Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, disemayamkan di Candi Mendut, Kabupaten Magelang.

Setelah mengambil api dari Mrapen, pada Minggu (15/5/2022) akan dilakukan pengambilan air berkah di Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Iring-iringan mobil pembawa api dharma tiba di kompleks Candi Mendut pada Sabtu (15/5/2022) sekitar pukul 16.00 WIB.  Api tersebut kemudian diterima Pelaksana Tugas Dirjen Bimas Buddha Kemenag RI, Nyoman Suriadarma, Ketua II DPD Walubi Jateng Tanto Soegito Harsono dan lainnya.

Selanjutnya api diletakkan di depan altar yang berada di Candi Mendut. Selain itu, ditandai pula dengan penyalaan lilin. Kemudian para biksu sangga melakukan doa penyakralan api dharma di depan altar di Halaman Candi Mendut secara bergantian.

Baca Juga: Air Berkah Waisak Diambil dari Umbul di Lereng Gunung Sindoro

Ketua Umum Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia (KCBI) Biksu Dammavuddho menjelaskan makna dari api suci yang diambil di Mrapen ini melambangkan sebagai semangat untuk menerangi.

“Di sini api sebagai semangat untuk menerangi. Di mana ada api di situ ada penerangan. Jadi seperti Waisak ini, Buddha datang ke dunia untuk membawa penerangan bagi semua makhluk,” katanya yang dikutip dari Antara.

Ia menyampaikan api disemayamkan di Candi Mendut supaya diingat bahwa ini simbolis untuk penerangan dharma bagi makhluk-makhluk yang diliputi oleh kegelapan batin mereka.

Baca Juga: Sakral! Begini Ritual Waisak di Candi Borobudur

Dammavuddho menyampaikan pada Minggu (15/5) akan dilakukan pengambilan air berkah di Umbul Jumprit, Kabupaten Temanggung.

“Makna air ini sesuatu yang menyejukkan, netral. Di dalam batin ada kekotoran batin yang terdiri atas keserakahan, kebencian, dosa, dan kebodohan batin. Air simbolis dari pada ketenangan, jadi batin tidak bisa tenang kalau ada kotoran batin maka perlu air sebagai ketenangan,” katanya.

Selain itu, katanya, air ini juga menyejukkan. Perlu dilihat dunia hari ini bagaimana, perang dimana-mana, pembunuhan dan sebagainya seakan-akan tidak ada habis-habisnya, apalagi konflik terbaru di Rusia dan Ukraina, kemudian yang di Israel dan Palestina yang tidak selesai-selesai sampai sekarang.

Baca Juga: Api Dharma Tri Suci Waisak dari Mrapen Disakralkan di Mendut

“Dengan adanya air simbolis ketenangan sehingga dunia ini jadi kalem. Selanjutnya air ini adalah sumber kehidupan, di mana ada air di situ ada kehidupan sehingga air dan api menjadi simbolis yang digunakan dalam kegiatan waisak,” kata dia.

Ia menyampaikan api dan air yang sudah ditaruh di sini akan didoakan. Jadi disakralkan, besuk air juga datang langsung disakralkan.

Setelah disakralkan di Candi Mendut akan dibawa ke Candi Borobudur dan setelah sampai di Candi Borobudur nanti akan digunakan sebagai pemercikan tirta.

“Jadi air akan digunakan untuk pemercikan kepada semua hadirin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya