Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Disebut Lebih Ramah Lingkungan, Segini Harga Panel Surya di Pasaran

aat ini panel surya merupakan salah satu pilihan untuk mendapatkan sumber energi yang ramah lingkungan. Lantas berapa harga panel surya yang dijual di pasaran?
SHARE
Disebut Lebih Ramah Lingkungan, Segini Harga Panel Surya di Pasaran
SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan panel tenaga surya di atap rumah (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Saat ini panel surya merupakan salah satu pilihan untuk mendapatkan sumber energi yang ramah lingkungan. Lantas berapa harga panel surya yang dijual di pasaran?

Selain bisa menghemat tagihan listrik, panel surya juga dapat meningkatkan nilai properti bila nantinya dijual. Sebelum membeli, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tipe dan jenis panel surya yang bisa jadi pilihan.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2022) berikut sejumlah jenis panel surya dan perkiraan harganya di pasaran:

Panel Surya Tipe Monocrystalline

Tipe ini merupakan panel surya jenis yang paling sering digunakan dan paling populer dalam instalasi panel surya saat ini. Sel surya silikon monocrystalline yang diproduksi menggunakan metode Czochralski dimana benih kristal silikon akan ditempatkan ke dalam tong cair silikon murni pada suhu tinggi.

Panel monocrystalline memiliki kapasitas daya yang tinggi dengan rata-rata listrik yang dihasilkan minimal 320 watt. Peringkat efisiensi panel surya jenis ini berkisar 17 sampai 22 persen, sehingga panel jenis ini paling efisien di antara tipe lainnya.

Panel surya jenis ini memiliki beragam jenis yang berbeda harganya, berkisar Rp560.000 hingga Rp1,5 juta.

Baca Juga: Resesi Global Disebut Semakin Dekat, Ini Dampaknya bagi Indonesia

Panel Surya Tipe Polycrystalline

Tipe yang populer di kalangan pemilik rumah yang ingin memasang panel surya dengan anggaran terbatas yaitu panel polycrytalline atau panel multi crystalline.

Hampir sama dengan monocrystalline, panel ini terbuat dari sel surya silikon, namun perbedaanya pada proses pendinginan yang berbeda sehingga menyebabkan banyak kristal yang terbentuk.

Panel surya ini memiliki output daya yang lebih rendah, yaitu berkisar 240 hingga 300 watt.

Jika menginginkan panel surya yang murah jenis ini sangatlah cocok sebab panel surya tipe ini dibanderol sekitar Rp210.000 hingga Rp900.000, dengan berbagai jenis merknya

Type Thin Film

Tipe ini diperuntukan pemanfaatan skala besar dan skala industri, sebab tingkat efisiensi yang rendah, berkisar antara 10 hingga 13 persen. Sehingga perlu dipasang dalam jumlah yang banyak

Panel surya jenis ini juga dapat digunakan di rumah. Meski memiliki spesifikasi kinerja yang lebih rendah, panel ini lebih tahan panas serta harganya pun jauh lebih rendah.

Baca Juga: Pemerintah Putuskan Tarif Listrik Nonsubsidi Tidak Naik sampai Desember 2022

Panel Surya 500 WP

Mengutip dari rumah123.com, jika Anda memiliki ukuran rumah yang cukup besar, panel surya 500 WP ini bisa jadi solusi yang menarik. Dengan harga sekitar Rp3.750.000, panel surya ini memiliki kemampuan menghantarkan listrik yang sangat memadai untuk rumah tangga.

Keunggulan pada panel surya ini memiliki kemampuan efisiensi hingga 20% dengan voltase tegangan sekitar 49,37 volt.

Harga Panel Surya Mini

Selain digunakan untuk listrik satuan, Anda juga bisa menggunakan panel surya mini dengan harga terjangkau.

Jenis panel surya ini dapat diperuntukkan untuk kebutuhan penerangan berskala kecil, seperti lampu taman maupun lampu tidur tanpa mengeluarkan daya listrik.

Pemilihan panel surya mini akan sangat membantu kebutuhan esensial dengan tingkat kepraktisan tinggi. Harga panel mini ini biasanya dijual Rp93.000.

Itulah ulasan tentang sejumlah panel surya dan harga-harganya di pasaran.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode