Disdukcapil Klaten Luncurkan Sakura Pengganti Sipon Keduten, Apa Itu?

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten meluncurkan pelayanan online baru bernama Sakura, akronim dari Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Dalam Jaringan.
SHARE
Disdukcapil Klaten Luncurkan Sakura Pengganti Sipon Keduten, Apa Itu?
SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, memukul gong menandai peluncuran aplikasi Sakura untuk memudahkan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), Rabu (18/5/2022). (Istimewa/Diskominfo Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten meluncurkan pelayanan online baru bernama Sakura, akronim dari Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Dalam Jaringan. Pelayanan itu menggantikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) online sebelumnya, bernama Sipon Keduten.

Sakura resmi diluncurkan oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, di Pendapa Pemkab Klaten, Rabu (18/5/2022). Peluncuran Sakura disaksikan Sekretaris Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri RI, Hani Syopiar Rustam, secara daring. Peluncuran aplikasi ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati Klaten.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Kepala Disdukcapil Klaten, Sunarna, mengatakan Sakura menjadi pengganti Sipon Keduten yang merupakan akronim dari Sistem Pelayanan Online Kabupaten Klaten. Sakura sekaligus untuk menyempurnakan aplikasi sebelumnya.

“Disdukcapil Klaten senantiasa berupaya meningkatkan kualitas administrasi kependudukan melalui pengembangan inovasi Sakura yang merupakan pengganti dari inovasi Sipon Keduten,” kata Sunarna berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com dari Diskominfo Klaten, Rabu.

Sebelum diluncurkan, aplikasi Sakura sudah mulai tahapan uji coba secara terbatas bersama operator desa se-Kabupaten Klaten. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan saran dan masukkan sebagai penyempurnaan layanan.

Baca Juga: Inilah Keistimewaan Kabupaten Klaten yang Tak Dimiliki Daerah Lain

Ekspedisi Energi 2022

Aplikasi Sakura dapat diakses melalui website Disdukcapil Klaten, yakni dukcapil.klaten.go.id. Adapun pelayanan yang disediakan melalui aplikasi Sakura, yakni Kartu Keluarga, akta kelahiran, akta kematian, KTP elektronik, Kartu Identitas Anak, perpindahan keluar dan kedatangan penduduk, update data atau online Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Dengan aplikasi ini, masyarakat lebih mudah dalam mengakses pelayanan Adminduk dan dapat memantau progress pelayanan secara online. Bagi warga yang tidak dapat memanfaatkan pelayanan ini bisa meminta bantuan kepada operator desa atau kelurahan,” terang dia.

Mulyani mengapresiasi inovasi layanan yang dihadirkan Disdukcapil Klaten. Ia berharap penyempurnaan pelayanan ini semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses sarana layanan publik yang disediakan oleh Pemkab Klaten.

Baca Juga: Heboh Baliho Ajakan Nikah di Klaten, Begini Respons Pemkab

“Dengan aplikasi Sakura ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan secara mandiri,” kata Mulyani.

Mulyani berharap dengan kemudahan pelayanan Adminduk tersebut warga semakin tertib melengkapi dokumen kependudukan.

“Saya berharap masyarakat mendukung gerakan tertib dokumen kependudukan dengan memanfaatkan kemudahan layanan yang diberikan oleh Pemkab Klaten,” ujarnya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago