SOLOPOS.COM - Petugas perpustakaan mengecek buku di SDN Karanganyar 2, Kecamatan Plupuh, Sragen, Senin (4/10/2021). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen menggelar lomba perpustakaan jenjang SD. Lomba ini untuk menggiatkan perpusataan di SD sekaligus mendukung asesmen nasional berbasis komputer (ANBK).

Saat ini lomba memasuki tahap penilaian. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Senin (4/10/2021), tim melakukan penilaian di perpustakaan SDN Karanganyar 2 Kecamatan Plupuh, Sragen. Setiap kecamatan diwakili satu sekolah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: DPRD Karanganyar Soroti Banyaknya Masalah di Sektor Pertanian

Salah satu tim penilai dari Disdikbud Sragen, Yani Yuliana, mengatakan lomba perpustakaan diikuti 20 sekolah sesuai jumlah kecamatan di Sragen. Ada sejumlah indikator yang dipertimbangkan tim penilai, antara lain layanan perpustakaan, sirkulasi pengunjung, sirkulasi buka apakah masih manual atau sudah ada pencatatan berbasis digital.

“Kami ingin menggiatkan lagi perpustakaan karena pandemi ini perpustakaan tidak bisa maksimal. Mungkin sebagian sekolah yang belum melaksanakan otomatisasi untuk peminjamannya enggak dilaksanakan kan anak tidak masuk sekolah. Ini mulai PTM [pembelajaran tatap muka] maka lomba diadakan,” jelasnya.

Baca Juga: 2 Hari Hilang, Pria Tua Macanan Ditemukan Meninggal di Sawah

Salah satu pengelola perpustakaan SDN Karanganyar 2, Michael Kerisandi Pinem, mengatakan banyak anak-anak yang berkunjung untuk meminjam buku, membaca buku referensi untuk mengerjakan tugas. Selain itusejumlah guru mengajak anak melakukan kegiatan belajar mengajar di perpustakaan supaya tidak bosan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya