SOLOPOS.COM - Atlet pelajar SMPN 1 Jaten, Kabupaten Karanganyar berlatih memanah di area panahan di kompleks sekolah setempat, Senin (20/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR–Wacana pembentukan Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMPN 1 Jaten, Kabupaten Karanganyar disambut baik pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar.

Kepala Disdikbud Kabupaten Karanganyar, Yopi Eko Jati Wibowo, mengatakan pihaknya akan melakukan kajian terhadap rencana tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saya kira KKO itu baik. Selama semuanya mendukung, saya kira bisa kita kaji lebih lanjut,” ujarnya saat ditemui di Tawangmangu beberapa waktu lalu.

Menurut dia, dalam pembentukan KKO tersebut di antara hal penting yang harus diperhatikan adalah fasilitas olahraganya, regulasi, dan anggaran.

“Kalau siswanya banyak yang berminat masuk KKO dan fasilitas olahraga di sekolahnya juga sudah memadai, nanti bisa dibuat regulasinya dan tentunya disediakan anggarannya untuk pembentukan KKO ini,” kata Yopi.

Baca Juga: Begini Kesiapan SMPN 1 Jaten Karanganyar Jadi Lokasi KKO

Sebelumnya Kabupaten Karanganyar dinilai sudah saatnya memiliki sekolah (SMP) dengan KKO.

Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Anung Marwoko mengatakan saat ini banyak siswa usia SD yang berprestasi maupun berpotensi besar dalam bidang olahraga.

Sayangnya, setelah lulus mereka tidak bisa melanjutkan untuk mengasah bakat mereka di Karanganyar. Sebab di Karanganyar belum ada KKO yang diharapkan dapat melanjutkan pendidikan bakat mereka.

“Dalam sebuah acara turnamen bola voli di SMPN 1 Jaten beberapa waktu lalu saya sampaikan bahwa saya mendorong agar Karanganyar punya KKO. Mengapa? Karena banyak atlet pelajar Karanganyar khususnya olahraga bola voli yang sudah dididik sejak SD, lalu ketika lulus melanjutkan SMP-nya malah ke Solo yang ada KKO-nya, karena Karanganyar tidak punya KKO,” ujarnya, Senin (20/6/2022).

Ia berharap Pemkab Karanganyar juga memberikan dukungan regulasi, anggaran, dan fasilitas untuk mewujudkan KKO tersebut. Ia meyakini jika KKO ini dapat terwujud, Karanganyar akan menjadi gudang atlet.

Baca Juga: Karanganyar Didorong Ada SMP KKO, Ini Alasannya

Salah satu sekolah yang ia rekomendasikan punya KKO adalah SMPN 1 Jaten. Di sekolah tersebut saat ini memiliki fasilitas/lapangan olahraga yang beragam.

Terpisah, Kepala SMPN 1 Jaten, Kabupaten Karanganyar Harry Pramudjoko mengatakan pihaknya siap jika di sekolahnya dibentuk KKO untuk mewadahi pelajar yang berminat dalam bidang olahraga.

“Kami siap kalau sekolah kami ada KKO. Karena kami juga punya keinginan demikian,” ujarnya saat ditemui di sekolah, Senin (20/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya