SOLOPOS.COM - Pelaksanaan Vaksninasi dosis kedua untuk anak usia 6-11 tahun di SDN 2 Tegalgede, Karanganyar. Kamis (27/1/2022) (Solopos.com/Diva Kristya).

Solopos.com, KARANGNYAR — Pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh atau dengan siswa 100% untuk jenjang SD mulai digelar di Kabupaten Karanganyar. Kebijakan ini diberlakukan di tengah kasus Covid-19 yang mulai kembali meningkat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Yophi Eko Jatiwibowo, mengatakan PTM 100% sudah mulai berjalan sejak 2 Februari di beberapa SD. Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“PTM 100% untuk SMP sudah berjalan lebih dulu dan sekarang dilanjutkan untuk jenjang SD,” kata Yopi ketika berbincang dengan Solopos.com, Jumat (4/2/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Wali Murid Minta SLBN Karanganyar Tak Digusur Hingga Akhir Semester

PTM penuh jenjang SD dilaksanakan seiring perkembangan capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun dosis pertama mencapai 100%. Vaksinasi menjadi syarat bagi sekolah memberlakukan PTM secara penuh. Sosialisasi mengenai petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana PTM penuh telah dilakukan ke seluruh sekolah. Pada intinya warga sekolah harus menjalankan protokol kesehatan saat PTM penuh digelar.

“Sekolah wajib menjalankan PTM sesuai SOP. Seperti wajib menggunakan masker, menyiadakan sarana prasarana cuci tangan, dan sebagainya,” jelasnya.

Untuk antisipasi penyebaran kasus Covid-19 di lingkungan sekolah di tengah naiknya kasus, Disdik akan terus berkoordinasi dengan puskesmas setempat. Sejauh ini, belum ditemukan kasus Covid-19 di lingkungan sekolah di Karanganyar.

Baca Juga: Februari 2022, PAUD dan SD di Karanganyar Mulai PTM

“Mudah-mudahan tidak ada kasus Covid-19 di sekolah. Seluruh warga sekolah mulai guru, siswa dan orang tua siswa sengkuyung berkomitmen menjaga protokol kesehatan,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, vaksinasi anak usia 6-11 tahun dosis pertama telah mencapai hampir 100% dari total sasaran 81.828 orang.

Sementara itu, kebijakan PTM 100% untuk siswa SD ini disambut positif oleh wali murid SDN 6 Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Maya Chandra, 35. Di sekolah anaknya, PTM 100% baru akan digelar Senin pekan depan.

“Untuk persiapan PTM 100% juga diminta fotokopi bukti kartu vaksin anak,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya