SOLOPOS.COM - Dua orang warga membeli minuman takjil di kawasan Jl Menteri Supeno, Manahan, Solo, Selasa (13/4/2021) sore. (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo berencana menggelar pasar takjil sebagai bagian dari Semarak Ramadan 2022. Beberapa lokasi diusulkan oleh Dinas Perdagangan (Disdag) Solo untuk pasar takjil maupun pasar murah.

Disdag masih menunggu hasil rapat koordinasi awal pekan depan untuk penentuan lokasi tersebut. Kepala Disdag Solo, Heru Sunardi, menjelaskan lokasi pasar takjil dan pasar murah itu akan ditata zonanya sesuai rekomendasi Dinas Perhubungan (Dishub).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Setelah ditentukan zona-zonanya baru kami infokan ke pelaku UKM. Satpol PP membantu menertibkan protokol kesehatan dan Disdag memonitor,” katanya kepada Solopos.com di Pasar Burung dan Ikan Hias Depok, Solo, Kamis (24/3/2022) malam.

Baca Juga: Awas, Semarak Ramadan Solo 2022 di Koridor Jensud Solo Rawan Kerumunan

Menurut Heru, beberapa lokasi yang diusulkan untuk pasar takjil dan pasar murah Ramadan adalah Jl Mayor Sunaryo untuk sentra takjil. Lokasi lain yakni Loji Gandrung, Jl Slamet Riyadi, Balai Kota Solo. Lokasi tersebut untuk pasar takjil dan pasar murah produk UMKM.

Heru menegaskan untuk pasar takjil dan pasar murah, Pemkot Solo hanya menyediakan tempat. Sedangkan lapak dan peralatan berjualan dari para pedagang. “Untuk lapaknya biasanya pedagang berusaha sendiri. Teka resik mulih resik [datang bersih, pulang juga bersih],” ujarnya.

Baca Juga: Ramadan Sebentar Lagi, Pemkot Solo Akan Buka Pasar Takjil di Sini

Hiasan Lampu Ting

Dia menjelaskan pedagang takjil biasanya merupakan para pedagang musiman. Biasanya mereka menjajakan makanan untuk berbuka puasa di pinggir-pinggir jalan dan tempat keramaian, salah satunya kawasan Stadion Manahan Solo. Jumlah pedagang yang akan terlibat masih menunggu rapat koordinasi.

Sementara itu, berdasarkan infomasi yang diperoleh Solopos.com, selain pasar takjil, dalam rangkaian Semarak Ramadan 2022, Pemkot Solo akan menghias kawasan Jl Jenderal Sudirman mulai dari Bundaran Gladak sampai Pasar Gede.

Baca Juga: Awal Ramadan, Pasar Takjil di Manahan Solo Sepi

Beberapa hiasan yang akan dipasang di antaranya ada lampu ting dan lampion ketupat di kawasan jembatan Pasar Gede dan pohon beringin halaman Balai Kota Solo. Selain itu akan ada instalasi ambiance cahaya di sepanjang Jl Jenderal Sudirman.

Di depan Balai Kota Solo akan dipasang instalasi interaktif berbentuk seperti masjid yang dilengkapi dengan sensor suara yang akan membuat cahaya menari ketika ada suara musik tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya