SOLOPOS.COM - Wahyu Prakoso Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo belum membuka pendaftaran bagi pedagang kaki lima atau PKL  yang ingin berjualan di area CFD (Car Free Day), Minggu (22/5/2022). Minggu besok merupakan penyelenggaran CFD kali kedua sejak vakum karena pandemi Covid-19 dua tahun terakhir.

Sebelumnya, Pemkot cukup sukses menggelar CFD perdana di era pandemi, Minggu (15/5/2022), meski banyak keluhan dari pedagang mengenai konsep zonasi yang diberlakukan. Seperti diketahui, Pemkot menerapkan konsep zonasi bagi PKL CFD supaya Jl Slamet Riyadi klir dari aktivitas perdagangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Heru Sunardi saat dihubungi Solopos.com, Jumat (20/5/2022), mengatakan alasan belum dibukanya pendaftaran PKL CFD karena lokasi yang tersedia belum memungkinkan. Pendaftaran PKL akan dibuka ketika ada tambahan lokasi untuk berjualan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Benar, pendaftaran sementara kami tutup dulu sampai nantinya ada lokasi tambahan untuk berjualan,” ujar Heru Sunardi. Selain itu, Heru Sunardi juga memberikan penjelasan mengenai evaluasi CFD pada Minggu (15/5/2022).

Ia meminta para pedagang mengurangi penggunaan tikar dan para pedagang diminta tidak banyak mencuci piring. “Yang pakai tikar agar bisa dikurangi, dan untuk cuci piring diarahkan agar tidak mencuci terlalu banyak di lokasi,” terangnya.

Baca Juga: Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Banyak Keluhan

Senada dengan Heru, Kepala Bidang Sarana Distribusi Perdagangan Disdag Kota Solo Joko Sartono, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (19/5/2022), juga menyebut belum ada pendaftaran bagi para PKL yang ingin berdagang saat CFD. “Sejauh ini tidak ada pendaftaran untuk CFD,” ujarnya singkat.

Mengenai kebijakan CFD, menurut Joko, tidak ada perubahan untuk ke depannya. Sebagai informasi CFD yang digelar pada Minggu (15/5/2022), memiliki peraturan zonasi dan membuat Jl Slamet Riyadi steril dari para pedagang. “Untuk kebijakan masih akan sama, tidak berubah seperti yang dilakukan kemarin,” lanjut Joko.

Seperti diberitakan, akun Instagram Disdag Kota Solo, @disdag.surakarta, mendapatkan banyak pertanyaan ihwal pendaftaran untuk pedagang kaki lima atau PKL yang ingin berjualan di ajang CFD (Car Free Day) Jl Slamet Riyadi Solo.

Baca Juga: Evaluasi CFD Perdana, Wali Kota Solo Gibran Soroti Rokok & Zonasi PKL

Pertanyaan-pertanyaan itu membanjiri kolom komentar unggahan mengenai pengaturan PKL CFD di akun @disdag.surakarta, Jumat (13/5/2022) lalu. Banyak keluhan di kolom komentar dari para pedagang yang mengaku sudah terdaftar namun belum mendapat pemberitahuan.

Sedangkan pedagang baru yang ingin bergabung di CFD, tak sedikit yang menanyakan cara mendaftar. “Mohon infonya pak @disdag.surakarta kapan dibuka kembali pendaftarannya ?” tulis pengguna akun @anisapuspita24, Kamis (19/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya