Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Disarpus Sukoharjo Gelar Lomba Lukis Konten Lokal, Ini Pemenangnya

Disarpus Sukoharjo Gelar Lomba Lukis Konten Lokal, Ini Pemenangnya
author
Ika Yuniati Rabu, 27 Juli 2022 - 16:14 WIB
share
SOLOPOS.COM - Lomba mewarnai tingkat SD/ MI di Sukoharjo untuk kelas tiga, empat, dan lima yang diselenggarakan di Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Sukoharjo di Jalan Slamet Riyadi No.17, Johosari, Joho, Kecamatan Sukoharjo, Sukoharjo, Rabu (27/7/2022). (Solopos.com/ Tiara Surya Madani).

Solopos.com, SUKOHARJO –Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Sukoharjo menggelar lomba melukis dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Sukoharjo.

Lomba tersebut diadakan Selasa-Kamis (26-28/7/2022) di kantor Disarpus dengan tema Sukoharjo di Mata, Hati, dan Imajinasiku.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Sumarno pada Rabu (27/7/2022) menjelaskan penyelenggaraan lomba melukis bertujuan melaksanakan program kegiatan Disarpus berupa inklusi berbasis sosial dan HUT Ke-76 Sukoharjo.

Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sukoharjo, Tunardi, menyebutkan lomba melukis bagian dari program inklusi berbasis sosial yang melibatkan anak-anak.

“Peserta dibuka 100 kuota, namun yang mendaftar ulang 93 anak. Lomba diikuti anak-anak SD/MI kelas tiga, empat, dan lima,” kata Tunardi.

Baca juga: HUT KE-68 SUKOHARJO : Ratusan Peserta Ikuti Kirab Sederhana

Disarpus menyebarkan leaflet lomba melukis bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo, Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA), Instagram @disarpus_sukoharjo, dan WhatsApp.

“Kategori pemenang juara pertama mendapatkan piala dan uang tunai Rp1,5 juta rupiah, juara kedua Rp1 juta rupiah, juara ketiga Rp750.000 rupiah, semuanya dipotong pajak. Dana uang tunai dari anggaran pendapatan dan belanja daerah [APBD],” lanjut Tunardi.

Kegiatan inklusi berbasis sosial untuk anak-anak berlangsung tiga hari, lomba mewarnai siswa TK, RA, BA dilaksanakan Selasa (26/7/2022). Lomba melukis siswa SD/MI kelas tiga, empat, lima dilaksanakan Rabu (27/7/2022).

Sementara, lomba bercerita SD/MI kelas tiga, empat, lima dilaksanakan Kamis (28/7/2022), dengan tema Menceritakan  Sukoharjo. Kuota lomba bercerita dibuka 25 anak.

Baca juga: Kirab HUT ke-76 Sukoharjo, 8 Andong Angkut Forkopimda

“Kami mengangkat konten lokal karena memperingati hari jadi Sukoharjo,” lanjut Tunardi. Juri lomba melukis didatangkan dari luar Sukoharjo untuk menghindari kecurangan.

Juri lomba melukis, Via Rahmatila, mengatakan tiga orang juri yakni dirinya, Agus Sunarno, dan Kris Wahyudi berlatar belakang pekerja seni dan sudah berpengalaman di bidang melukis.

Agus Sunarno mengatakan penilaian lomba dalam rangka HUT Ke-76 Sukoharjo ini dilihat dari kreativitas pewarnaan, kesesuaian tema yang diangkat, serta hasil akhir (finishing). 

Sementara itu, perolehan pemenang juara pertama didapat siswa MITQ Al Fitrah Zamira Aqila A.J, Juara Kedua diperoleh siswa SD Negeri Pranan 2 Regina Nirwasita, dan Juara Ketiga diperoleh siswa MIM PK Sukoharjo, Vanessa Zahra R.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN