SOLOPOS.COM - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solo, Selvi Ananda (kiri) beserta wakil, Serly Teguh Prakosa mengamati produk gantungan kunci bikinan warga dalam pencanangan Kampung KB Karta Raharja Kadipiro di Kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Jumat (22/10/2021). (Chrisna Canis Cara/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memuji upaya Pemkot Solo menumbuhkan kampung-kampung Keluarga Berencana (KB) di penjuru wilayah. BKKBN menilai keberadaan kampung KB strategis untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Hal itu disampaikan Kepala BKKBN Jateng, Widwiono, dalam pencanangan Kampung KB Karta Raharja di Kelurahan Kadipiro, Banjarsari, Solo, Jumat (22/10/2021).

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

Kampung KB Kadipiro merupakan Kampung KB ke-21 yang ada di Kota Bengawan. Pihaknya mengapresiasi konsistensi Pemkot dalam mencanangkan kampung KB sejak tahun 2016.

Baca Juga: Maulid Nabi Muhammad, Syariah Hotel Solo Gelar Kajian Karyawan

“Pencanangan ini menunjukkan Kota Solo bertekad untuk percepatan penurunan angka stunting [gagal tumbuh akibat kurang gizi],” ujar Widwiono.

Selain mendorong tumbuh kembang balita dan keluarga yang sehat, BKKBN menilai kampung KB punya peran sentral untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga.

Perekonomian warga diketahui belum pulih sepenuhnya dampak pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu. Kampung KB memiliki program untuk mengembangkan produk UMKM warga dengan membuka jaringan-jaringan promosi.

“Dari Solo akan muncul tokoh-tokoh cerdas di bidang Keluarga Berencana, bidang ekonomi serta tokoh penting lain,” imbuh Widwiono.

Baca Juga: Waspadai Covid-19 Gelombang ke-3, Reisa Gencarkan 3M dan 3T di Solo

Pencanangan Kampung KB Kadipiro turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Solo, Selvi Ananda, beserta wakil, Sherly Teguh Prakosa.

Dalam kesempatan itu, Selvi dan Sherly turut memantau kegiatan konseling bagi keluarga dan balita hingga menyambangi produk usaha kecil warga dalam bazar.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Solo, Purwanti, mengatakan Kampung KB Kadipiro merupakan Kampung KB ke-21 yang ada di Solo. Tahun ini DPPKB telah mencanangkan empat kampung KB.

“Wadah ini berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program di Kampung KB bakal terintegrasi dengan sektor ekonomi dan pembangunan sehingga dampak untuk warga bisa lebih besar.”

Pencanangan Kampung KB Kadipiro juga diwarnai pemberian penghargaan Wira Karya Kencana pada Kepala Puslit Kependudukan dan Gender LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Retno Setyowati. Penghargaan itu diberikan pada sosok yang dinilai punya dedikasi tinggi terhadap program KB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya