SOLOPOS.COM - Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (suara.com)

Solopos.com, JAKARTA — Belum selesai urusan pembenahan kinerja, PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA), maskapai berstatus BUMN ini kembali diterpa isu negatif.

Belum lama ini Serikat Karyawan Garuda melaporkan dugaan Direktur Utama Irfan Setiaputra liburan bersama keluarga dengan menggunakan fasilitas kantor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Emiten bersandi GIIA ini menjelaskan bahwa Dirut Irfan menggunakan biaya pribadi saat bepergian bersama keluarga ke Amerika Serikat di tengah agenda IATA Annual General Meeting and World Air Transport Summit 2021.

Vice President Corporate Secretary & Investor Relations Mitra Piranti menjelaskan bahwa Irfan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk menghadiri IATA Annual General Meeting and World Air Transport Summit 2021.

Baca Juga: Siap-Siap, Insentif Pajak Mulai Dikurangi Tahun Depan di Sektor Ini

Dalam acara tersebut, pimpinan maskapai global bertemu membahas berbagai tantangan industri penerbangan di masa pandemi.

Keikutsertaan pada agenda tersebut merupakan komitmen Garuda Indonesia untuk berperan aktif pada diskusi global dalam fokus pemulihan industri penerbangan internasional.

Dia mengatakan agenda tersebut memang direncanakan untuk dihadiri secara langsung oleh Direktur Utama pada masa cuti tahunan yang telah mendapatkan persetujuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan juga telah disampaikan kepada Kementerian BUMN.

“Berkenaan dengan hal tersebut, maka seluruh biaya yang timbul ditanggung secara pribadi,”ujarnya melalui keterangan resminya seperti dilansir Bisnis, Kamis (28/10/2021).

Selain menghadiri forum IATA Annual General Meeting and World Air Transport Summit 2021, pada kesempatan tersebut dia turut meluangkan waktu untuk mengagendakan 15 pertemuan dengan sejumlah mitra strategis Garuda seperti pihak manufaktur, lessor, airline partner, hingga financial advisor dalam kaitan diskusi percepatan proses restrukturisasi Garuda Indonesia.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, KPP Madya Solo 19 Kali Sita Aset Wajib Pajak

Lebih lanjut, dalam kesempatan terpisah, Mitra juga menyempatkan diri bertemu dengan partner kargo dan ground handling di Amsterdam untuk mendiskusikan fokus peningkatan layanan kargo dari Amsterdam menuju Indonesia

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan pembahasan lintas Kementerian dan Lembaga terkait rencana implementasi PCR sebagai syarat perjalanan di semua moda transportasi baik darat, laut, udara, dan kereta api.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan saat ini pihaknya masih fokus pada penerapan wajib PCR di moda transportasi udara sekaligus melakukan evaluasi dari waktu ke waktu.

“Pak Menko Marinves sudah menyatakan hal tersebut [kewajiban PCR untuk semua moda transportasi]. Untuk teknisnya tentu harus dibahas bersama semua Kementerian dan Lembaga terkait dulu. Kita perlu mempersiapkan dengan sebaik-baiknya,” kata Adita kepada Bisnis, Kamis (28/10/2021).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana menerapkan syarat wajib PCR untuk pengguna semua moda transportasi, baik darat, laut, dan udara.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya