SOLOPOS.COM - Flyover Purwosari Solo kembali ditutup setelah uji coba selama kurang lebih sepekan, Minggu (27/12/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Pejalan kaki dilarang melintasi flyover Purwosari Solo kendati ada trotoar di tepi jembatan layang tersebut. Bagi pejalan kaki yang ingin melintasi flyover tersebut bisa naik bus Batik Solo Trans (BST) yang tarifnya Rp0 alias gratis.

Sebagaimana diinformasikan, setelah sempat tertunda pada Selassa (9/2/2021) lalu, flyover Purwosari akan diresmikan, Sabtu (13/2/2021) ini sekitar pukul 09.00 WIB. Peresmian rencananya dilakukan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Setelah peresmian, tepat pada pukul 12.00 WIB, flyover Purwosari akan dibuka untuk kendaraan umum. Berbeda dengan flyover Manahan, nantinya kendaraan nonmotor seperti becak dan sepeda onthel boleh melintas flyover Purwosari Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Tahun Baru Imlek Di Kelenteng Pasar Gede Solo, Pelita Abadi Menyala 15 Hari

Namun demikian, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo melarang pejalan kaki melintas meski ada trotoarnya. "Trotoar itu bukan untuk pejalan kaki tapi untuk inspeksi oleh petugas," ungkap Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo, Ari Wibowo, kepada Solopos.com Jumat (12/2/2021).

Dilarang Berhenti

Selain itu, meski boleh melintas, pengendara termasuk kendaraan nonmotor dilarang berhenti di flyover. Ia menambahkan rambu-rambu larangan berhenti telah terpasang pada flyover tersebut. “Jangan selfie saat melintas, terutama pesepeda yang sering selfie,” imbuhnya.

Baca Juga: Sebut Tidak Ada Pengurungan, Ini Kata Kubu PB XIII Soal Pintu Keraton Solo Yang Dikunci

Sementara itu, Dishub juga telah mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas sekitar flyover Purwosari. Hal itu berkaca pada pengalaman saat uji coba pada Desember 2020 lalu di mana terjadi kepadatan arus lalu lintas dari flyover sampai Perempatan Gendengan.

Terkait itu, Dishub akan menempatkan petugas pada beberapa lokasi untuk bersiaga dan membantu pengaturan lalu lintas. Selain itu, akan ada penyesuaian lama waktu alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) pada persimpangan menuju flyover Purwosari Solo. Persimpanan tersebut yakni Simpang Gendengan, Jackstar, dan Kerten.

Baca Juga: Positif Covid-19 Solo Tambah Bertambah 604 Kasus Dalam 12 Hari, Tren Menurun?

Sebelumnya, flyover Purwosari sempat diinformasikan akan diresmikan pada Selasa (9/2/2021). Namun rencana itu batal karena Menteri PUPR berhalangan hadir. Padahal persiapan sudah dilakukan penyelenggara termasuk mendirikan tenda untun peresmian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya