SOLOPOS.COM - Tenda sudah disiapkan di kawasan flyover Purwosari. Solo, yang akan diresmikan, Sabtu (13/2/2021). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Flyover Purwosari Solo akhirnya bakal diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Sabtu (13/2/2021) pukul 09.00 WIB.

Setelah itu, pengguna kendaraan bisa melalui flyover tersebut mulai pukul 12.00 WIB. Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo, Ari Wibowo, kepada Solopos.com, Jumat (12/2/2021), mengatakan saat ini tengah digelar geladi kotor persiapan peresmian besok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Teknis peresmian sama dengan rencana awal peresmian yang sempat tertunda. “Open traffic dimulai pukul 12.00 WIB. Pengguna kendaraan dapat melintas usai peresmian,” paparnya.

Baca Juga: Waduh, Ada Sarang Tawon Vespa Berdiameter 1 Meter Di Bendosari Sukoharjo

Sementara itu saat ini tenda-tenda peresmian sudah berdiri di sisi barat flyover Purwosari dan siap digunakan. Ari menambahkan berbeda dengan flyover Manahan, pengguna kendaraan nonmotor bakal diperbolehkan melintasi flyover Purwosari Solo seusai diresmikan.

Hal itu mempertimbangkan lebar ruas jalan flyover Purwosari yang cukup luas. Ia menambahkan kendaraan dilarang berhenti saat melintas di flyover Purwosari. Rambu-rambu larangan berhenti juga telah terpasang. “Jangan selfie saat melintas, terutama pesepeda yang sering selfie,” imbuhnya.

Kendati kendaraan nonmotor diperbolehkan lewat, Ari menyebut pejalan kaki dilarang melintas di flyover tersebut. Badan flyover dilengkapi dengan trotoar kecil namun bukan untuk akses pejalan kaki.

Baca Juga: Terkurung Di Keraton Solo, Gusti Moeng dan GKR Timoer Hanya Makan Daun Singkong dan Pepaya

Kepadatan Lalu Lintas

Trotoar itu untuk digunakan petugas saat inspeksi flyover. Ia menyebut jika ada pejalan kaki hendak menyeberang flyover Purwosari Solo seusai diresmikan dapat menggunakan Batik Solo Trans (BST) secara gratis.

Sementara itu, terkait kepadatan lalu lintas pengguna jalan yang hendak mencoba pada hari pertama dibuka, Dishub sudah mengantisipasi itu. Menurutnya, petugas akan ditempatkan di beberapa lokasi untuk bersiaga dan membantu pengaturan lalu lintas.

Ari menambahkan akan ada penyesuaian lama waktu alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) pada persimpangan menuju flyover.

Baca Juga: Gusti Moeng Dikunci Di Keraton Solo Saat Hendak Temui Tamu Dari BPK

Menurutnya, sempat terjadi kepadatan lalu lintas pada uji coba akhir Desember hingga kawasan Gendengan. Sehingga lama waktu APILL pada Simpang Gendengan, Jackstar, dan Kerten disesuaikan.

Sebelumnya, peresmian flyover Purwosari Solo yang sedianya berlangsung Selasa (9/2/2021) ditunda. Alasannya, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono tak bisa hadir karena harus mengikuti rapat dengan Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya